News

Pemko Pekanbaru Masih Mencari Investor Pengolahan Sampah TPA Muara Fajar

 

SUARA PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) masih mencari investor untuk mengelola sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Muara Fajar, Rumbai. Nantinya, sampah bisa diolah menjadi energi maupun bahan produksi kebutuhan rumah tangga.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Hendra Afriadi mengatakan, beberapa waktu lalu ada salah satu investor yang berminat untuk mengolah sampah di TPA menjadi bahan baku bangunan.

Pihak swasta tersebut juga telah mengekspos terkait cara kerja pengolahan mereka ke Pj Walikota Pekanbaru. Namun, pihak swasta ini ada kendala dalam pengurusan administrasi sehingga kerjasama belum bisa dilakukan.

"Terakhir sudah melakukan komunikasi dan sudah ada konsep. Namun ada kendala beberapa hal terkait dengan perizinan," kata Hendra Afriadi, Senin (17/7).

Ia menjelaskan, investor tersebut merupakan perusahaan yang bergerak dalam pengolahan ulang sampah organik menjadi bahan baku bangunan, seperti batu batako, dan batu bata.

Mereka masih berupaya melengkapi berkas administrasi yang ada guna bisa menjalin kerjasama dengan Pemko Pekanbaru. Walaupun demikian, Hendra mengatakan tetap membuka peluang bagi investor lain yang ingin bekerjasama dengan Pemko dalam mengolah sampah di TPA Muara Fajar.

"Karena dari pihak swasta itu sendiri juga memikirkan cos (biaya) untuk operasional dan produksi. Kita terbuka untuk investor lain, silahkan jika ada pihak yang ingin melakukan investasi di Pekanbaru khususnya untuk pengolahan sampah di TPA," pungkasnya.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan