News

Kadisdik Pekanbaru Klaim Jumlah Siswa Putus Sekolah Berkurang

 

SUARA PEKANBARU - Jumlah anak putus sekolah di Kota Pekanbaru mulai berkurang. Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Abdul Jamal meyakini untuk jumlahnya sudah tidak banyak.

Ia menyebut, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru terus berupaya menjangkau anak putus sekolah agar mereka bisa mengenyam jenjang pendidikan.

"Untuk jumlah anak putus sekolah di Pekanbaru sekarang sudah tidak banyak. Kita sudah bekerja sama dengan berbagai elemen agar melaporkan ke kita kalau menemukan ada anak yang putus sekolah. Kita akan masukkan ke sekolah secara gratis terutama untuk SD dan SMP. Data sementara atau perkiraan jumlahnya hanya sekitar 30 an orang," ujar Jamal, Jumat (30/6).

Jamal menjelaskan, jika anak yang putus sekolah itu tidak mau bersekolah resmi, Disdik akan membantu memasukkan mereka ke Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM). Dari 37 PKBM di Pekanbaru itu, satu di antaranya berstatus negeri.

"Agar penanganannya lebih cepat, jika ada masyarakat yang menemukan anak putus sekolah segera lapor ke kita," ucap Jamal.

Jamal mengakui, di Kota Pekanbaru masih ada anak- anak yang berjualan di persimpangan lampu merah. Namun dia mengatakan, jangan dikira anak- anak itu tidak sekolah sebab pekerjaan itu dilakukan hanya sambilan setelah mereka pulang sekolah atau sebelum mereka pergi ke sekolah.

"Kami sudah cek langsung ke lapangan. Tidak semua anak- anak yang jualan di lampu merah itu tidak sekolah. Intinya kita berkomitmen untuk menyelesaikan masalah anak putus sekolah itu. Saya memang tidak bisa katakan sudah 100 persen anak di Pekanbaru sekolah, tapi faktanya sekarang memang sulit mencari anak yang tidak sekolah, kalau ada kami siap membantu" kata Jamal lagi.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan