News

6.778 Hewan Kurban di Pekanbaru Masuk Jelang Idul Adha

 

SUARA PEKANBARU - Hari Raya Iduladha 1444 H kurang dari dua pekan lagi. Artinya saat ini umat muslim tengah mempersiapkan dan membeli hewan kurban untuk disembelih pada tanggal 10 hingga 13 Zulhijjah nanti.

Di Pekanbaru sendiri tingkat kebutuhan terhadap hewan kurban cukup tinggi apalagi ibukota Provinsi Riau tersebut bertumpu pada daerah lain dalam menyuplai hewan kurban seperti dari Kabupaten Kampar, Kuantan Singingi, Rokan Hulu, ataupun provinsi tetangga seperti Sumatera Barat dan Lampung.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Perikanan dan Pertanian (Distankan) Kota Pekanbaru, Herlandria mengatakan saat ini ribuan ekor hewan kurban telah masuk ke Pekanbaru dan jumlahnya akan terus bertambah.

Herlandria mengatakan, adapun hewan kurban yang sudah masuk ke Pekanbaru jumlahnya mencapai 6.778 ekor. "Hingga pekan kemarin itu yang masuk mencapai 6.778 ekor," kata Herlandria, Senin (19/6/2023).

Ia mengatakan Tim dari Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kota Pekanbaru sudah melakukan pemeriksaan terhadap hewan kurban itu. Namun pemeriksaan masih belum menyeluruh. Mereka mengaku baru memeriksa 2.121 ekor hewan kurban.

Proses pemeriksaan hewan kurban bakal terus berjalan hingga Iduladha. Jumlah hewan kurban pun masih terus bertambah jelang hari H. "Lokasinya baru di sembilan kecamatan dari 15 kecamatan yang ada," katanya.

Menurutnya, tim masih melakukan pemeriksaan di titik penjualan dan penampungan hewan kurban. Mereka belum memastikan jumlah titik pemotongan hewan kurban dalam Iduladha kali ini.

Pihaknya bakal melakukan kalkulasi lanjutan untuk memastikan jumlah hewan kurban yang ada. Apalagi masih ada kemungkinan jumlah hewan kurban yang masuk ke Pekanbaru terus bertambah.

Dirinya bersyukur hingga saat ini belum ada hewan kurban yang terjangkit penyakit. Ia menyebut setiap ternak untuk hewan kurban yang masuk ke kota ini harus memiliki dokumen dan surat kesehatan.

"Di lapangan kita periksa hewan tersebut belum ada terindikasi kena jangkit penyakit hewan. Alhamdulilah belum ada, jangan sampai ada yang sakit," sebutnya.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan