News

Polisi RW Dibentuk di Pekanbaru, Ini Harapan Pj Walikota

 

SUARA PEKANBARU - Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Muflihun berharap Polisi RW menjadi perpanjangan tugas dari pemko. Polisi RW ini dapat memberikan keringanan terhadap kerukunan RW.

"Kami berharap dengan adanya polisi RW ini memberikan keringanan terhadap tugas ketua RW. Kami berharap polisi RW ini menjadi perpanjangan tangan dari pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Di samping tugas mereka melayani tugas menjaga keamanan dan ketertiban," kata Pj Wali Kota Muflihun usai peresmian program Polisi RW di halaman kantor gubernur Riau, Rabu (14/6).

Sebelumnya, Kepala Korps Pembinaan Masyarakat (Kakor Binmas) Baharkam Polri Irjen Hary Sudwijanto mengatakan, Polisi RW telah diresmikan di Riau hari ini. Para Polisi RW ini telah siap menjalankan tugas.

"Polisi RW merupakan petugas Polmas. Mereka adalah anggota Polri yang bertugas di semua fungsi yang disiapkan Polda Riau," ujarnya.

Para Polisi RW ini diharapkan dapat mendeteksi dini permasalahan yang akan menjadi gangguan keamanan. Polisi RW merupakan perpanjangan tangan Polri. Polisi RW lebih kepada aspek pencegahan daripada penegakan hukum.

"Selama ini, kami memiliki Bhabinkamtibmas. Namun, jumlah wilayah tidak seimbang dengan jumlah Bhabinkamtibmas," ungkap Hary.

Kesempatan yang sama, Kapolda Riau Irjen Muhammad Iqbal mengatakan, lebih dari 4.000 Polisi RW yang sudah didorong agar turun ke 12.000 RW di Provinsi Riau.

Perintah Baharkam Polri, Polisi RW yang ada di kabupaten dan kota minimal 30 persen dari jumlah RW. Di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) belum mencapai 30 persen.

"Memang ada satu kabupaten yang wilayahnya butuh sangat banyak yakni Inhil. Tingkat kesulitan geografisnya membutuhkan polisi RW yang sangat banyak," ungkap Iqbal.

Sementara ini, satu Polisi RW menangani 7 hingga 8 RW di Inhil. Tetap, hal ini tidak menyurutkan kinerja Polda Riau.

Di Riau, hanya 2 kota yang memiliki satu Polisi RW di tiap RW yaitu Pekanbaru dan Dumai. Kota Pekanbaru memiliki 1 RW 1 Polisi RW.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan