News

Pemko Pekanbaru Bentuk Puskesos di Setiap Kelurahan

 

SUARA PEKANBARU - Peduli terhadap masyarakat, terutama masyarakat miskin, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melalui Dinas Sosial (Dinsos) Pekanbaru membentuk Pusat Kesejahteraan Sosial atau Puskesos di setiap kelurahan.

Pengurus Puskesos ini nantinya bertugas melakukan pendataan terhadap masyarakat miskin, kemudian masyarakat yang sudah didata, bakal masuk ke data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS). Dan data itu nantinya diusulkan ke pemerintah pusat, untuk masuk sebagai Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBIJK).

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Sosial Kota Pekanbaru Dr. H. Idrus, M.Ag, Kamis (8/6).

"Ada inovasi baru, kita sekarang ini membentuk namanya Puskesos disetiap kelurahan. Puskesos itu Pusat Kesejahteraan Sosial, yang kita tempatkan disetiap kelurahan yang ada di kota Pekanbaru," terang Idrus.

"Puskesos ini perwakilan Dinas Sosial di kelurahan. Jadi kita berharap kepada masyarakat untuk selalu berkoordinasi dengan Puskesos, dan sebaliknya juga begitu, pengurus Puskesos ini untuk selalu mendata masyarakat miskin yang ada di wilayah kelurahan, untuk diusulkan ke DTKS, dan kemudian nanti diusulkan untuk masuk ke PBIJK. Itu harapan kita," sambungnya.

Agar program ini berjalan maksimal, diharapkan dukungan dari masyarakat, terutama Ketua RT, RW, Lurah maupun Camat.

"Tentunya kita berharap dukungan dari bapak RT, RW, Lurah dan Camat. Sehingga nantinya BPJS nya orang-orang kelas ekonomi menengah kebawah itu, itu tidak ditanggulangi lagi oleh pemerintah kota, tetapi ditanggulangi oleh pemerintah pusat. Dan anggaran Pemerintah Kota Pekanbaru ini bisa dimanfaatkan untuk pembangunan kota Pekanbaru agar lebih baik kedepannya," ujar Idrus.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan