News

Haji Tahun Ini Dipastikan Tanpa Pendamping Mahram

 

SUARA PEKANBARU - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Provinsi Riau Mahyudin mengatakan bahwa,Haji Tahun ini ditiadakan pendampingan Mahram.

“Kebijakan ini ada beberapa tahun yang lalu yakni ada pendampingan mahram atau pendampingan lansia, namun tahun ini kebijakan tersebut ditiadakan dengan cara Kementerian Agama membentuk satu bidang di Daerah Kerja Mekkah, Daerah Kerja Madinah ataupun Daerah  Kerja Bandara yaitu bidang yang khusus menangani lansia,"ujarnya, Kamis (11/5/2023)

"Jadi ada PPIH Arab Saudi yang menangani lansia dan itu juga ditugaskan 10 orang di masing – masing sector, sehingga mereka yang akan memberikan pelayanan terhadap lansia, makanya tahun ini kebijakannya tidak didampingi oleh mahram atau keluarga yang selama ini ada kebijakan,"terang Kakanwil.

Lebih lanjut Mahyudin mengatakan tidak adanya pendampingan mahram atau pendampingan lansia menuntut petugas haji untuk bekerja ekstra memberikan pelayanan.

“utamakan memberikan pelayanan kepada Jemaah haji, baru para petugas melaksanakan Haji, artinya tugas utamakan haji nomor dua”pesan kakanwil Kemenag Riau.

Sebagaimana dikutip dari pernyataan Direktur Bina Haji, Arsad Hidayat bahwa Kementerian Agama sudah mempersiapkan  langkah mitigasi terlebih tidak adanya pendampingan Jemaah haj.

"Kami telah siapkan langkah mitigasi layanan jemaah lansia. Apalagi, tidak adanya pendamping jemaah lansia dan penggabungan mahram Sejumlh inovasi telah disiapkan, termasuk menyiapkan struktur khusus dalam organisasi Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) tahun ini,”terangnya.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan