News

Kepulauan Meranti Diklaim Gudangnya Qori dan Qoriah Riau

 

SUARA PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar menyampaikan bahwa Kabupaten Kepulauan Meranti merupakan salah satu kabupaten gudangnya para qori dan qoriah di Provinsi Riau.

Sehingga menurutnya, jika potensi itu dapat dikembangkan dengan baik, maka Kabupaten Kepulauan Meranti berpotensi untuk menjadi kabupaten dengan gudangnya para hafiz dan hafizah nantinya.

Oleh karena itu, Syamsuar mengajak masyarakat yang ada di Kepulauan Meranti untuk mempersiapkan generasi yang ada di Kepulauan Meranti sebagai generasi yang Qurani, mencintai Al-quran yang bertakwa kepada Allah.

"Saya belajar dari Kepri, Kepri yang berpotensi itu anak pulau yang banyak. Saya tengok kemarin di Kepulauan Meranti walaupun ikut MTQ 7 orang, tapi Meranti inilah yang mengangkat nama Riau di tingkat nasional," katanya, saat melakukan safari Ramadan di Kepulauan Meranti, Jumat (14/4/23) malam.

Syamsuar mengaku, Provinsi Riau berpotensi untuk melahirkan para hafiz Quran, asalkan potensi itu mampu digali dengan baik dan maksimal, serta didorong oleh para orang tua di Riau.

Jelas dia, sebagai Negeri Melayu yang harus dijaga adalah Melayu identik dengan Islam. Makanya, generasi Qurani perlu terus digali dan dijaga agar negeri ini bermarwah bermartabat.

"Sekarang pesantren sudah banyak yang belajar hafiz Quran, SMA dan SMK juga sudah mulai belajar. Saya pikir memang Meranti punya potensi, sayang sekali kalau tidak digali, saya rasa Meranti bisa hebat," ucap dia.

Mantan Bupati Siak itu mengungkapkan, jika seorang anak hafiz Quran, maka dia juga bisa menguasai bidang keilmuan lainnya. Sebab sudah banyak contohnya anak hafiz Quran yang bisa diterima di berbagai bidang pekerjaan atau berbagai kampus ternama.

Disamping itu, menurut Syamsuar, jika Alquran makmur di suatu daerah maka akan membawa keberkahan bagi daerah itu.

Untuk itu, dia mengajak semua masyarakat Riau khusus di Kabupaten Kepulauan Meranti agar mendorong lahirnya generasi Qurani yang mencintai Al-quran, berkualitas, dan bertakwa kepada Allah.

"Kami tau potensi qori dan qoriah banyak di Meranti karena itu manfaatkanlah kesempatan ini. Kita mempersiapkan anak berkualitas, hafiz, sekaligus beriman dan bertakwa kepada Allah, " tutupnya.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan