News

563 Qari dan Qariah Bertanding di MTQ Pekanbaru

SUARA PEKANBARU - Sebanyak 563 qari dan qariah bertanding dalam delapan cabang di Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kota Pekanbaru. Pertandingan MTQ ini digelar di sembilan lokasi di Kecamatan Kulim.

Ketua Panitia MTQ yang juga Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Kota (Setdako) Pekanbaru Syoffaizal dalam pidatonya, Minggu (12/2), mengatakan, MTQ ke-55 Kota Pekanbaru digelar di Kecamatan Kulim. Pelaksanaan MTQ selama enam hari, pada 12-17 Februari 2023.

MTQ dipusatkan di astaka utama, halaman Masjid Rhaudatus Sholihin. Sebelum pembukaan, telah dilaksanakan terlebih dahulu serangkaian kegiatan seperti penyegaran dewan hakim di aula Kantor Kementerian Agama Kota Pekanbaru pada 8 Februari.

Pelantikan dewan hakim di Masjid Paripurna Rhaudatus Sholihin pada 10 Februari. Pawai Taaruf digelar pada 12 Februari pukul 09.30 WIB.

Kegiatan dilanjutkan dengan peresmian stan bazar dan UMKM. Sedangkan, pembukaan MTQ dilakukan pada malam harinya.

Pelaksanaan cabang pertandingan MTQ digelar di beberapa tempat. Lomba Tilawah Dewasa, Tilawah Remaja, Qira'at Alquran Mujawwad dewasa, tilawah anak-anak dan cacat netra digelar di astaka utama, halaman Masjid Rhaudatus Sholihin.

Cabang Qira'at Alquran Murrattal dewasa dan remaja serta Tartil Alquran digelar di Masjid Al Mukarramah. Cabang Tahfiz 1 dan 5 Juz Tilawah digelar di Majid Nurul Ikhwan.

Cabang Tahfiz Alquran 10-20 Juz digelar di Masjid Awaludin. Cabang Tahfiz 30 Juz dan Tafsir Alquran Bahasa Indonesia, Arab, dan Inggris digelar di Masjid Darunnur.

Cabang Khat (Kaligrafi) Naskah, Khat Hiasan Mushaf, Khat Dekorasi, dan Khat kontemporer digelar di MDTQ Masjid Al Mukarramah. Cabang Musabaqah karya tulis digelar di Pondok Pesantren Al Munawwarah.

Cabang hafalan 100 hadis dengan sanad dan 500 hadis tanpa sanad digelar di Masjid Nurul Iman. Cabang Syarhil Quran dan Fahmil Quran digelar di SMA Negeri 10 Pekanbaru.

"Jadi, MTQ melombakan delapan cabang. Peserta atau kafilah sebanyak 563 orang dari 15 kecamatan," ungkap Syoffaizal.

Juara umum berhak atas Piala Bergilir Wali Kota. Tahun lalu, piala bergilir MTQ ini diraih Kecamatan Bukit Raya.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan