News

Sepanjang Tahun 2022, PAD Pekanbaru Tembus Rp718 M

SUARA PEKANBARU - Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Pekanbaru sektor pajak memiliki peran penting untuk mendanai berbagai program yang menyentuh langsung kepada masyarakat. Untuk itu, berapapun nominal yang disetorkan masyarakat, memiliki andil besar terhadap penyelenggaraan pembangunan di kota bertuah ini.

"Berapapun nominalnya, uang pajak masyarakat memiliki andil besar bagi Pemko untuk membiayai berbagai keperluan publik," ujar Kepala Badan Pendapatan Daerah Kota Pekanbaru Alek Kurniawan, Rabu (11/1).

Tercatat sepanjang 2022, dikatakan Alek, PAD Pekanbaru sektor pajak tembus Rp718 Miliar. Angka ini merupakan yang tertinggi sejak 5 tahun terakhir.

"Ini kenaikan yang tinggi dan tentu ini karena pertumbuhan ekonomi yang baik, pemulihan ekonomi yang baik, komoditas yang juga meningkat dan juga karena adanya stimulus kebijakan dari Walikota Pekanbaru," sebutnya.

Ia menyampaikan apresiasi atas partisipasi luar biasa dari masyarakat Kota Pekanbaru. Bahkan selaku Kepala Bapenda, ia bertekad memberikan berbagai kemudahan dan kemurahan dalam layanan pajak secara berkelanjutan sebagai bentuk reward nyata kepada wajib pajak yang berurusan di Bapenda Pekanbaru.

"Layanan yang mudah dan murah harusnya mutlak diperoleh masyarakat, sebagai bentuk reward atas partisipasi warga yang telah menyetorkan pajak," terangnya.

Bukan tanpa alasan, karena menurut Alek, masih ada ‘stigma’ di tengah masyarakat akan layanan birokrasi yang masih dianggap lamban, sehingga menimbulkan persepsi negatif dari masyarakat terhadap layanan yang disediakan pemerintah.

Pj Walikota Pekanbaru berpesan kepada dirinya, agar terus berbenah terkait layanan publik, terutama di bidang perpajakan.

"Semangat pak Walikota tersebut kita terjemahkan dengan strategi yang kami labeli di Bapenda dengan istilah “IED”. Intensifikasi, Ekstensifikasi dan Digitalisasi,” jelasnya.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan