News

Masyarakat Pekanbaru Diimbau Lunasi Pajak

SUARA PEKANBARU - Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun mengimbau warga untuk melunasi kewajiban pajaknya sebelum akhir tahun ini. Sebab, kata dia, pajak yang dibayar akan dikembalikan kepada masyarakat dalam bentuk pembangunan.

"Mari segera melunasi kewajiban pajak yang belum dilaksanakan," ujar Muflihun, Jumat (9/12/2022).

Ia mengatakan untuk Kota Pekanbaru, sumber pendapatan berasal dari pajak dan retribusi, karena itu ia berharap masyarakat bisa memanfaatkan waktu yang ada untuk melunasi kewajiban pajaknya.

"Apalagi saat ini Pemerintah Kota Pekanbaru melalui Bapenda sudah memberikan kesempatan untuk penghapusan denda atas tunggakan 11 pajak daerah," katanya.

Lebih lanjut Muflihun menuturkan, sampai saat ini realisasi pajak masih dibawah target, sementara potensi yang ada di lapangan cukup tinggi. "Harusnya dengan perkembangan Kota Pekanbaru yang pesat, capaian pajak juga bisa terus meningkat," ungkapnya.

Muflihun membandingkan perolehan pajak Kota Pekanbaru yang rendah atau jauh ketinggalan dibanding Kabupaten Kuantan Singingi. "Sementara luas wilayah Pekanbaru jauh lebih besar dibanding Kuantan Singingi," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Bapenda Pekanbaru, Alek Kurniawan mengatakan, saat ini pihaknya masih terus menggencarkan sosialisasi program Bapenda terkait penghapusan denda atas tunggakan 11 pajak daerah. Selain itu program diskon sebanyak 50 persen untuk pendaftaran Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) pertama kali.

Adapun 11 pajak daerah yang saat ini ada promo penghapusan denda tunggakan adalah Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), pajak reklame, pajak hotel, pajak restoran, pajak air tanah.

Kemudian, pajak penerangan jalan, pajak parkir, pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan (MBLB), pajak sarang burung walet, pajak hiburan dan juga pajak BPHTB.

Lebih lanjut Alek mengungkapkan, sampai saat ini masih sekitar 89 persen dari target pajak daerah yang harus digesa oleh Bapenda."Realisasi pendapatan kita sampai sekarang sudah di angka 89 persen dari target keseluruhan Rp742 miliar," imbuh Alek.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan