News

Gubri Minta Pesantren Tingkatkan Kualitas

SUARA PEKANBARU - Animo Masyarakat Tinggi Masuk Pesantren, Gubri: Kualitas Pesantren Harus Ditingkatkan
Gubernur Riau Syamsuar
KAMPAR - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar menyampaikan bahwa animo masyarakat Provinsi Riau cukup tinggi untuk masuk sekolah ke pesantren, oleh karena itu ia mengharapkan agar kualitas pendidikan di pesantren dapat ditingkatkan.

"Animonya tinggi, tapi kualitasnya juga harus lebih ditingkatkan," ujarnya, saat meresmikan Pondok Pesantren (Ponpes) At Tafsiriyah Riau yang berada di Dusun 2 Simpang Pulai Desa Baru, Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar, Sabtu (16/7/2022).

Gubri mengungkapkan, di Provinsi Riau ini pertumbuhan pondok pesantren luar biasa, tidak kalah dengan provinsi yang memiliki jumlah penduduk yang cukup banyak di Pulau Sumatera, seperti Sumatera Utara dan Sumatera Selatan.

Ia menerangkan, pada tahun 2019 lalu, jumlah pondok pesantren di Riau berjumlah 276 Ponpes, namun saat ini jumlah pondok pesantren di Riau sudah mencapai 400 lebih.

"Peningkatan pondok pesantrennya sangat tinggi," ungkapnya.

Gubri Syamsuar menginginkan, kualitas pesantren untuk dapat terus didorong agar semakin baik. Satu diantaranya dengan meningkatkan pembelajaran Ilmu Alquran dan belajar ilmu tafsir.

"Jadi harus sesuai, hafal Al-Quran harus ahli tafsir juga," tambahnya.

Orang nomor satu di Riau ini menambahkan, Pemprov Riau akan terus berupaya mendukung majunya pesantren di Riau. Sehingga menghasilkan generasi Riau yang mencintai Al-Quran dan mengamalkan Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari.

Disamping itu, ia juga mengharapkan kemajuan pondok pesantren harus didorong pula dengan penyelarasan perkembangan ilmu pengetahuan teknologi.

"Kita harapkan selain menghasilkan generasi yang akhlaknya bagus, IPTEK nya juga kita harapkan dapat dipahami. Tidak bisa tidak kualitas pesantren harus kita tingkatkan," tutupnya.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan