News

Wali kota Buka MTQ Tingkat Kecamatan Rumbai

SUARA PEKANBARU - Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kecamatan Rumbai, dibuka secara resmi oleh Wali kota Pekanbaru Dr H Firdaus ST MT Selasa (15/2/2022) malam. Melaksanaan MTQ yang dipusatkan di Masjid Da'Wah Jalan Paus, Kelurahan Lembah Damai ini ditandai dengan pemukulan beduk oleh walikota bersama Anggota DPRD Pekanbaru Aidil Amri, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Syoffaizal, Kepala Bagian Kesra Marzuki dan Camat Rumbai Vemi Herliza. 

Dalam arahannya, walikota menyampaikan jika MTQ merupakan tradisi turun temurun yang selalu digelar setiap tahunnya. Ia mengaku bangga karena ajang tahunan tersebut tetap bisa dilaksanakan meski saat ini masih di tengah pandemi Covid-19. "Bangga ketika MTQ menjadi trend dan budaya di Kota Pekanbaru," ucapnya. 

Begitu juga dengan orangtua, kata Wali kota, mereka tentu sangat bangga ketika anaknya bisa ikut atau menjadi peserta pada ajang MTQ. 

"Di Kota ini, orang tua tentu bangga ketika anaknya menjadi peserta MTQ. Ajang ini selalu digelar dari tahun ke tahun secara turun-temurun dengan semarak mulai tingkat kelurahan, kota, provinsi, nasional bahkan internasional," ujarnya.

Namun demikian, Wali kota tetap mengingatkan kepada panitia pelaksana MTQ agar memperketat penerapan protokol kesehatan mengingat saat ini Ibukota Provinsi Riau kembali naik status dari Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 1 ke level 3. 

"Artinya, pembatasan kegiatan masyarakat kembali diperketat. Kapasitas tempat ibadah hanya 50 persen dengan mengatur jarak yang ditetapkan Kementerian Agama. Selain itu, kegiatan di rumah ibadah hanya diperbolehkan maksimal 1 jam. Karena itu, kami minta panitia penyelenggara untuk mempercepat kegiatan ini," ujar Firdaus menambahkan. 

Lebih jauh disampaikannya, MTQ yang dilaksanakan bukan hanya sekadar lomba membaca dan menghafal Alquran. Akan tetapi merupakan keinginan kuat umat Islam dan pemerintah untuk meneguhkan semangat kebangsaan atas nilai-nilai keimanan dalam kehidupan individu, keluarga, dan masyarakat. Nilai-nilai sosial keagamaan dan persatuan nasional yang melekat dalam MTQ tersebut akan mendorong upaya bersama membangun generasi lebih baik lagi ke depannya. Yakni generasi yang dibangun di atas pondasi keimanan dan ketakwaan, serta pondasi pendidikan yang berkarakter, yang dibutuhkan dalam membangun bangsa ke depannya. 

"Untuk itu kami ucapkan selamat bertanding untuk para peserta, tetap semangat di tengah keterbatasan. Kami dari pemerintah akan berupaya mencari solusi untuk menjaga ajang MTQ ini tetap terselenggara dengan baik meski kita harus berdampingan dengan pandemi Covid-19," tutupnya.(Advetorial)





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan