News

Jelang Kedatangan Pengungsi Rohingya dari Aceh, Ini Persiapan Pemko Pekanbaru

SUARA PEKANBARU - Ratusan pengungsi asal Rohingya bakal ditampung di Kota Pekanbaru. Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melalui Badan Kesbangpol terus mematangkan persiapan jelang pemindahan pengungsi Rohingya dari Aceh ke Pekanbaru.

Kepala Badan Kesbangpol Kota Pekanbaru Zulfahmi Adrian mengatakan, saat ini pihaknya masih melakukan semua persiapan yang dilakukan guna penampungan pengungsi tersebut.

Persiapan tempat dan sosialisasi bagi warga sekitar penampungan juga dilakukan. Zulfahmi memperkirakan bahwa ratusan pengungsi Rohingya masuk ke Pekanbaru usai lebaran.

"Paling cepat akan dilakukan setelah Hari Raya Idul Fitri. Kita masih mendata semua persiapan-persiapan yang harus kita lakukan," ujar Zulfahmi Adrian, Senin (11/4).

Menurutnya, persiapan yang dilakukan seperti melakukan survei tempat untuk melihat kelayakan sesuai dengan Perpres nomor 125 tahun 2016. Mereka juga mencegah terjadinya penumpukan saat pemindahan.

Kemudian, dikatakan Zulfahmi, mereka juga bakal melakukan sosialisasi kepada masyarakat setempat. Hal ini guna menghindari adanya gesekan saat masyarakat mengetahui adanya pengungsi bermukim di wilayahnya.

"Ada tahapan-tahapan itu yang kita lakukan sebelum kita lakukan pemindahan. Yang paling penting adalah kelayakan dari pada tempat yang akan ditempati pengungsi," pungkasnya.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan