News

Gubri Minta Program Riau Hijau Dimulai dari Perdesaan

SUARA PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar mengharapkan program Riau Hijau yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau, itu pelaksanaannya dimulai dari daerah, baik itu di tingkat desa, kelurahan, kampung-kampung dan seluruh kecamatan yang ada di Riau.

Menurut Gubri Syamsuar, kalau program ini hanya dilaksanakan oleh provinsi dan tidak dilakukan di daerah, maka menurutnya ini kurang efektif. Karena daerah Riau sangat luas, disamping itu ia juga menginginkan dampak Riau Hijau ini dirasakan oleh semua masyarakat.

"Saya sependapat, ini tidak hanya provinsi (melakukan Riau Hijau), provinsi itu hanya memfasilitasi, pelaksanaannya di daerah, kecamatan, kampung-kampung paling penting. Kalau hanya Riau Hijau, tidak dilaksanakan di daerah ya percuma juga padahal dampaknya untuk masyarakat semua," katanya, di Kampung Tuah Indrapura Kecamatan Bunga Raya Kabupaten Siak, Minggu (20/3/2022).

Gubri juga menginginkan agar desa bisa mandiri menjaga hutan karena hutan bagian dari kehidupan manusia.

"Kami harapkan program ini bukan sekedar program, tapi ini disamping menyelamatkan lingkungan lestari dan agar ekonomi kita bisa bangkit dan maju karena kita peduli lingkungan," ungkapnya.

Apalagi sebutnya, Riau juga masuk beberapa provinsi pembangunan rendah karbon di Indonesia. Ini semua adalah bagian dari upaya cinta lingkungan.

Disamping itu, Riau juga menjadi daerah program mangrove terluas dan terbesar dalam rangka memperbaiki lingkungan mangrove.

"Kalau ini (di pekarangan rumah) kita tanam lima pohon saja, itu sudah bagian dari hutan. Di rumah saja bisa cinta hutan dan lingkungan, harapan kami ini bisa kita pelihara," sebutnya.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan