News

Pemko Pekanbaru Akan Terapkan Pembayaran Retribusi Sampah Secara Digital

SUARA PEKANBARU - Pemko Pekanbaru akan menerapkan pembayaran retribusi sampah secara digital. Namun, aplikasi retribusi sampah masih dalam tahap persiapan hingga saat ini.

"Retribusi sampah digital dalam masa persiapan aplikasi. Nanti, warga cukup membayar secara non tunai. Pemungutan retribusi sampah akan dilakukan oleh pihak kecamatan," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru Hendra Afriadi, Rabu (16/3).

Sebelumnya, DLHK dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru menandatangani Memorandum of Understanding (Nota Kesepahaman) dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Bank Negara Indonesia (BNI) pada 5 Oktober 2021 lalu. Kerja sama ini dijalin guna mempermudah pembayaran retribusi sampah (DLHK) dan KIR kendaraan (Dishub).

"Kami telah memperbarui kerja sama dengan BNI. Dua dinas teknis juga membuat perjanjian kerja sama (PKS)," kata Wali Kota Firdaus usai penandatanganan MoU dengan Kepala Kantor Wilayah BNI 02 (Riau, Kepulauan Riau, dan Sumatera Barat) Faizal Arief Setiawan di Ruang Multimedia Mal Pelayanan Publik (MPP), Selasa (5/10/2021).

Dishub bekerja sama dengan BNI Cabang Pekanbaru terkait pembayaran KIR. Sedangkan DLHK juga menandatangani PKS terkait pembayaran retribusi sampah.

"Saya harap kerja sama ini dapat ditingkatkan," harap Firdaus.

Di samping itu, Pemko Pekanbaru juga telah memiliki kartu Smart Madani. Kartu ini bisa digunakan untuk berbagai hal.

"Kepala Kanwil BNI Faizal mengatakan, Smart Madani merupakan kartu yang sangat spesial. Kartu ini satu-satunya di Indonesia, bahkan di dunia," ucap Firdaus.

Karena, kartu Smart Madani ini dilahirkan dengan regulasi khusus. Kartu ini dapat digunakan untuk gerakan wajib menabung bagi anak sekolah, penggunaan uang elektronik, dan pelayanan publik.

"Saya harapkan juga fungsi kartu ini lebih ditingkatkan di masa depan. Sehingga, kami bisa mendukung program digital nasional," ujar Firdaus.

Diharapkan, Pekanbaru menjadi kota digitalisasi terbaik di Indonesia. Dari hasil evaluasi pertengahan tahun oleh pemerintah pusat, Pekanbaru mendapat peringkat ketiga dalam program digitalisasi nasional.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan