News

Buka MTQ ke 54, Firdaus : Sisa 4 Persen Yang Belum Bisa Baca Alquran di Pekanbaru

SUARA PEKANBARU - Pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-54 tingkat Kota Pekanbaru, yang digelar di Masjid Dakwah, Jalan Paus, Kelurahan Lembah Damai, Kecamatam Rumbai,  Sabtu (12/3/2022) malam berlangsung meriah.

MTQ Kota Pekanbaru ini, diawali dengan penampilan marching band, dilanjutkan dengan pawai defile seluruh kafilah kecamatan se Pekanbaru, pembacaan ayat suci Alquran dan laporan dari ketua panitia MTQ. 

Tampak hadir dalam helat MTQ ini Gubermur Riau Drs Syamsuar MSi, Wali Kota Pekanbaru DR H Firdaus MT, Wakil Wali Kota Ayat Cahyadi SSi yang juga Ketua LPTQ Pekanbaru, Sekdako Pekanbaru, M Jamil MSi, anggota DPRD Pekanbaru dan Forkompimda Pekanbaru.

Wali Kota Pekanbaru DR H Firdaus MT dalam sambutannya berharap, MTQ yang digelar setiap tahunnya bisa memotivasi anak untuk belajar dan mencintai Alquran. "Yang lebih penting lagi bagaimana mereka memahami kandungan Alquran untuk dapat diamalkan di dalam segala kehidupan," ucapnya.

Selama dua periode kepemimpinan DR H Firdaus MT, fokus pada pemberantasan buta aksara Alquran sudah dilakukan. Selain melalui MTq, program sekolah mengaji dan magrib mengaji juga dilakukan. Pada tahun 2012, tercatat ada sekitar 35 persen remaja dari keluarga muslim di Ibukota Provinsi Riau yang sama sekali tidak bisa membaca Alquran.

"Alhamdulillah, dari tahun 2016 lalu kita sudah bisa memberantas buta aksara Alquran, walapun masih ada diperkirakan 3 sampai 4 persen. Tapi ini juga diperkirakan dengan mobilitas perpindahan penduduk," ucapnya.

Saat ini, sebut Firdaus, anak-anak dan remaja di Kota Bertuah sudah banyak yang hafal Alquran.

"Alhamdulillah, dalam 10 tahun terakhir ini, masyarakat Pekanbaru dari remaja keluarga muslim bebas dari buta aksara Alquran dan juga untuk anak-anak yang menjadi qori dan qoriah, tahfiz, semakin banyak jika dibandingkan dari tahun sebelumnya," ujar dia.

Untuk itu melalui pelaksanaan MTQ, ia berharap bisa semakin meningkatkan kecintaan umat Islam terhadap Alquran.

"Kita harapkan belajar Alquran ini bisa membangun dan membentuk generasi muda yang Qurani, maupun untuk membangun kemandirian atau daya saing yang tinggi," sampainya.

Pada momen tersebut, DR H Firdaus MT dan Wakilnya Ayat Cahyadi SSi berpamitan kepada masyarakat Pekanbaru setelah 10 tahun kepemimpinannya. "Kami Firdaus-ayat minta maaf kepada masyarakat pekanbaru. Terimaksih pelayanan yang telah kami berikan dapat dukungan masyarakat. Hal ini ditunjukan dengan prestasi ditingkat nasional, baik dibidang ekonomi, sumber daya manusia dan tentumya pelayanan," kata DR H Firdaus MT.

Ia tak lupa berpesan, agar masyarakat Pekanbaru terutama generasi muda, terus mengembangkan potensi dalam berbagai bidang.

"Di tahun 2045 mendatang, Indonesia berpeluang besar menjadi negara maju dibidang ekonomi. Pekanbaru sendiri akan bertransformasi menjadi Kota Megapolitan. Sehingga dengan adanya MTQ ini, kita menyiapkan generasi masyarakat madani yang maju dan menjadikan Alqur'an sebagai pedoman hidup," pesannya.

Disisi lain Gubernur Riau Syamsuar MSi, yang langsung membuka acara MTQ ke-54 tingkat Kota Pekanbaru mengucapkan terimakasih kepada Wali Kota Pekanbaru DR H Firdaus dan jajaran MT yang telah mengonsep kegiatan secara meriah.

"Penyelenggaran MTQ bukan sekedar ajang perlombaan. Lebih dar pada itu kegiatan ini bertujuan menumbuh kembangkan kecintaan terhadap Alqur'an. Semoga Kota Pekanbaru berhasil mencetak hafiz/hafizah dan Qori/Qori'ah yang berprestasi ditingkat Pronsi Riau, Nasional bahkan internasional," ucap Gubernur Riau.*





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan