News

Bertemu Petani Karet se Riau Ini yang Dikatakan Gubri

SUARA PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) bersama Kelembagaan Tani Komoditi Karet se-Provinsi Riau, Ahad (9/1/2022).

Kunjungan Gubri ke Asosiasi Petani Karet Kuantan Singingi (Apkarkusi) berlangsung di Desa Lubuk Terentang, Kecamatan Gunung Toar. Bertujuan untuk saling bertukar pengalaman agar memiliki kekompakan dengan harapan mendapatkan harga karet yang layak.

"Pada pertemuan ini kita bawa petani-petani karet se Riau hadir disini untuk bertukar pengalaman yang dirasakan semua daerah," Kata Syamsuar saat diwawancarai usai Workshop Industri Hilir Karet Apkarkusi.

Selain itu, adapun tujuan lainnya yaitu agar masyarakat tetap mempertahankan tanaman karet dan tidak tergiur atau tertarik dengan tanaman sawit, mengingat tidak menutup kemungkinan harga sawit juga bisa sewaktu-waktu mengalami penurunan harga.

"Memang saat ini harga sawit tinggi. Namun, kita juga ingin usaha karet ini dipertahankan, dengan demikian kita juga harus memikirkan bagaimana nasib petani karet ini dan mendapatkan harga yang layak dari kondisi saat ini," ucapnya.

Gubri menyarankan agar tanaman karet yang menjadi usaha dan pendapatan masyarakat setempat dapat dipadu serasikan dengan tanaman lain. Misalnya dengan tanaman jernang bisa juga budidaya madu lebah dan usaha lainnya.

"Untuk itu kami ingin mengajak petani ini selain mendapatkan hasil dari pertanian karet juga dapat penghasilan yang lebih sehingga mungkin nantinya bisa setara dengan petani penghasil sawit,"ajaknya.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan