News

BBKSDA Riau Obati Tapir Korban Jerat

SUARA PEKANBARU - Kamis, 19 Agustus 2021, Tim Rescue Balai Besar KSDA Riau yang dipimpin langsung Kepala Bidang KSDA Wil. I, bapak  Andri Hansen Siregar didampingi  Tim medis drh. Danang tutun ke lokasi untuk melakukan pemeriksaan terhadap seekor Tapir yang terjerat di konsesi HTI PT. Arara Abadi distrik Nilo.

Berdasarkan informasi, pada Selasa, 17 Agustus 2021, PT. Arara Abadi berhasil mengevakuasi
Tapir yang terjerat di konsesi HTI PT. Arara Abadi distrik Nilo, kemudian Tapir ditempatkan di kantor distrik Nilo.

Rabu, 18 Agustus 2021, dengan mempertimbangkan kondisi fisik satwa yang mulai menurun, pihak perusahaan mengambil tindakan awal melalui Mantri Hewan memberikan obat antibiotik serta obat kutu dan anti lalat. Kondisi Tapir mengalami putus kaki depan sebelah kanan pada bagian ruas tengah, akibat terkena jerat. Bagian kaki yang putus mengalami pembengkakan, dengan kondisi tubuh terlihat kurus.

Kamis, 19 Agustus 2021, Tim medis Balai Besar KSDA Riau memberikan treatment dengan menyuntikan obat antiradang, analgesik serta vitamin. Jenis kelamin Tapir jantan, dengan umur lebih dari 10 tahun. Walaupun kondisi kurus namun Tapir tersebut masih mau makan.

Pihak Balai Besar KSDA Riau melalui plh. Kepala Balai Besar KSDA Riau, bapak Hartono menghimbau kepada masyarakat untuk tidak memasang jerat di areal kebunnya dengan alasan apapun, dan kepada pihak konsesi perusahaan agar ikut memantau areal konsesinya terbebas dari jerat.

Untuk sementara ini satwa Tapir dirawat Tim Medis Balai Besar KSDA Riau di PT. Arara Abadi distrik Nilo.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan