News

Klaim Diskes Pekanbaru, Belum Ada Warga yang Merasakan Dampak Berlebihan Vaksin

SUARA PEKANBARU - Proses penyuntikan vaksin Covid-19 masih berlangsung aman. Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru mengklaim belum ada warga penerima vaksin yang mengalami dampak berlebihan akibat vaksinasi.

Plt Diskes Kota Pekanbaru dr Arnaldo Eka Putra, melalui Sekretaris dr Zaini Rizaldy Saragih mengatakan, hingga saat ini warga yang telah menjalani vaksin tidak ada mengalami keluhan yang berlebihan.

"Reaksinya masih normal. Ada yang nyeri hingga demam. Tapi yang gejala berlebihan sampai dirawat belum ada," terang Zaini, Rabu (30/6).

Menurutnya, vaksin yang digunakan aman dan telah lulus uji. Sebelum vaksinasi juga dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh tenaga kesehatan. Mereka yang memiliki penyakit penyerta seperti tensi tinggi hingga gula darah bisa mengalami penundaan vaksin.

Vaksin disuntikkan jika kondisi tubuh calon penerima vaksin sehat dan sedang tidak mengalami keluhan penyakit lain. Majelis Ulama Indonesia (MUI) sudah menyatakan vaksin jenis Sinovac ini halal. Kemudian Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sudah mengizinkan penggunaan emergency vaksin ini.

"Maka sebelum vaksin di periksa dulu kesehatannya. Ada nakes yang melakukan skrining," tutupnya.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan