News

Waspada! 4 Kecamatan di Pekanbaru Ini Rawan Karhutla

SUARA PEKANBARU - Empat kecamatan menjadi perhatian Pemko Pekanbaru dalam penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Empat kecamatan tersebut adalah Payung Sekaki, Tenayan Raya, Bina Widya, dan Tuah Madani.

WaliKota Pekanbaru, Firdaus , Rabu (24/2), mengatakan, wilayah perkotaan harus diamankan dari ancaman perubahan musim. Pasalnya, Pekanbaru salah satu daerah di Riau yang terdampak musim kering dengan intensitas yang tinggi.

"Tentu ini juga ancaman terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Musim kering ini terlihat jelas di pulau Sumatera. Berbeda dengan pulau Jawa yang masih basah hingga kini," ujarnya.

Dengan tingkat kekeringan yang tinggi itu, maka rawan terjadi kebakaran. Dalam rapat virtual dengan presiden di awal pekan, wilayah yang rawan terutama Riau termasuk Pekanbaru harus siap siaga.

"Jangan terulang lagi peristiwa karhutla seperti 2015 lalu, yang membuat negara tetangga komplain," ucap Firdaus.

Bagi Pekanbaru, sinergi harus terbangun antara pemerintah dan masyarakat. Dalam mencegah karhutla, Pekanbaru telah membentuk kelurahan siaga. Masyarakat Peduli Api (MPA) juga sudah terbentuk.

"Kami harapkan semua komponen ini bisa mengantisipasi karhutla. Karena, kecamatan rawan karhutla terdapat di Kecamatan Payung Sekaki, Tenayan Raya, Bina Widya, dan Tuah Madani," sebut Firdaus.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan