News

Walikota Pekanbaru Ingin Layanan Air Bersih Bagi Masyarakat Makin Optimal

SUARA PEKANBARU - Pemerintah Kota Pekanbaru menggandeng swasta untuk mengoptimalkan layanan air bersih. Pemerintah menggunakan skema Kerjasama Pemerintah Badan Usaha (KPBU).

Jalinan kerjasama untuk meningkatkan kapasitas air PDAM menjadi 750 liter per detik. 

Sejumlah pihak pun melakukan penandatangan dokumen terkait Proyek KPBU SPAM Kota Pekanbaru, Rabu (16/12/2020) sore di Hotel Pangeran, Kota Pekanbaru. Ada penandatangan perjanjian kerjasama antara PDAM Tirta Siak Kota Pekanbaru dengan PT. PP Tirta Madani.

Ada juga perjanjian regres antara PDAM Tirta Siak Kota Pekanbaru dengan PT. PII (Persero). Lalu perjanjian penjaminan antara PT. PP Tirta Madani Dengan PT. PII.

Walikota Pekanbaru Dr. H. Firdaus, ST. MT menyaksikan langsung proses penandatanganan itu. Ia menyebut bahwa proyek ini tidak cuma untuk meningkatkan kapasitas air dari PDAM. 

Proyek ini untuk menambah jumlah akses air bersih menjadi 58.000 Sambungan Rumah (SR). Maka akses pelayanan air bersih pun makin optimal.

Adanya penambahan ini meliputi lima kecamatan. Kelima kecamatan itu yakni Pekanbaru Kota, Sail, Payung Sekaki Senapelan dan Sukajadi.

"Kita berharap nantinya bisa mengoptimalkan layanan air perpipaan di Kota Pekanbaru," jelasnya usai kegiatan, Rabu sore.

Nilai investasi proyek ini mencapai Rp 738 miliar. Anggaran ini adalah sharing dana kementrian keuangan, investasi dan pemerintah kota.

Proyek ini rencananya mulai bergulir pada Juni tahun 2021. Tahap I proyek ini diperkirakan tuntas pada Juni tahun 2022.(advetorial)





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan