News

110 Wartawan Ikut Ujian Masuk Calon Anggota PWI Riau

SUARA PEKANBARU - Sebanyak 110 orang wartawan di Riau mengikuti orientasi dan ujian masuk calon anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Riau.

Kegiatan yang digelar di Gedung PWI Riau Jalan Arifin Ahmad ini digelar selama dua hari, yakni mulai Sabtu (20/7/2019) dan Ahad (21/7/2019).

Ketua Panitia Orientasi dan Ujian Masuk Calon Anggota PWI Riau, Novrizon Burman, mangatakan 110 peserta calon anggota PWI ini didominasi oleh media cyber.

"Tapi tadi ada satu dari media Tv dan beberapa dari media cetak juga ada. Paling banyak itu dari media cyber," ujar Novrizon.

Ia mengatakan hari Sabtu (20/7/2019) jadwalnya adalah orientasi yang diberikan oleh pemateri yang berasal dari senior PWI Riau.

"Kepada peserta saya harap bisa mengikuti materi dari pemateri senior PWI yang sudah banyak pengetahuan dan pengalaman di bidang masing-masing. Saya harapkan semua yang ujian untuk angkatan ini bisa masuk semua. Karena kalau memang sehari-harinya bekerja sebagai wartawan pasti bisa mengikuti ujian," harapnya.

Sementara itu, Ketua PWI Riau Zulmansyah Sekedang, dalam sambutannya sebelum membuka secara resmi acara ini mengatakan, sampai saat ini jumlah anggota PWI Riau 1.031 orang.

"Kalau yang ujian angkatan ini lulus semua, berarti anggota PWI akan bertambah menjadi 1.141 orang. Mudah-mudahan lulus semua," ucapnya.

Dijelaskan Zulmansyah, PWI adalah salah satu organisasi yang diakui oleh Dewan Pers selain AJI dan juga IJTI.

"Masih ada organisasi lain yang saat ini berjuang untuk mendapatkan legalitas tersebut. Ada sekitar 39 organisasi. Kalau PWI ini memang organisasi wartawan yang paling tua dan besar," ungkapnya.

Lanjut Zulmansyah, 10 lulusan terbaik ujian PWI angkatan ini akan diberikan gratis Ujian Kompetensi Wartawan (UKW).

"Untuk itu kepada semua peserta betul-betul memperhatikan saat penguji memberikan materi. Karena banyak kisi-kisi soal dari materi yang disampaikan," pungkasnya.*





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan