News

Dukung Program Pj Walikota, Mahasiswa UMRI Bersihkan Sampah dan Aliran Drainase di Kelurahan Air Hitam

SUARA PEKANBARU - Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok II bersama masyarakat di Kelurahan Air Hitam, Kecamatan Payung Sekaki menggelar aksi gotong royong serta membersihkan sampah lingkungan khususnya di Rukun Warga (RW) 03, Ahad (4/9/2022).

Dalam aksi bersih-bersih lingkungan ini turut dihadiri Lurah Air Hitam, Zulfi Ijum, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Annie Mustika Putri, Bhabin Kamtibmas, Suparman, Ketua RW 03, Sugeng, Ketua LPM Basuki, Ketua RT serta puluhan mahasiswa UMRI kelompok II.

Aksi nyata membersihkan parit, drainase serta aliran air tersebut dilakukan oleh mahasiswa UMRI dan masyarakat ini dilakukan di sepanjang Jalan Karya Bhakti, Karya Makmur, Karya Indah.

Lurah Air Hitam, Zulfi Ijum disela-sela melakukan aksi nyata dan pengabdian yang dilakukan oleh mahasiswa UMRI Kelompok II mengatakan terimakasih. Ia bahkan menyebut, aksi pengabdian ini sangat dirasakan masyarakat sekitar.

“Alhamdullilah kami mengucapkan terimakasih kepada mahasiswa UMRI yang berinisiatif melakukan aksi gotong royong dan bersih-bersih sampah di lingkungan RW 03,” katanya.

Zulfi Ijum menyebutkan, aksi gotong royong dan membersihkan sampah bagian dari program 100 hari kerja Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru, Muflihun.

“Apa yang dilakukan mahasiswa ini bagian dari program Pak Pj Walikota. Tentu ini harus didukung agar Pekanbaru bisa terbebas dari banjir dan sampah,” ujarnya.

Di tempat yang sama, DPL UMRI, Annie Mustika dalam pesannya menyampaikan agar mahasiswa harus banyak melakukan inovasi dan berinisiatif, kreatif dalam melihat permasalahan yang ada di wilayah saat melakukan KKN.

“Inilah saatnya mempraktekkan ilmu yang telah diperoleh di bangku kuliah, dan juga harus menjaga sikap dan perilaku di lingkungan saat mahasiswa melakukan KKN,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua KKN Kelompok II, Yaumul Fazri berharap agar para mahasiswa dapat menjaga nama baik almamater kampus, meskipun seluruh mahasiswa yang KKN dari berbagai fakultas.

“Sesuai instruksi Rektor UMRI serta DPL mahasiswa harus menjaga nama baik kampus. Apalagi tahun ini Universitas Muhammadiyah Riau mengusung tema KKN HEBAT yang memiliki arti “Humanis, Empati, Bersinergi, Aman dan Tanggap”,” imbuhnya.

Sebelumnya, Rektor Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) Dr H Saidul Amin MA resmi menerjunkan sebanyak 1.382 mahasiswa untuk melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) ke tengah masyarakat. Saidul Amin, mengatakan pelaksanaan KKN tahun ini harus sesuai taglinenya yakni 'HEBAT'.

“Hebat merupakan singkatan dari Humanis, Empati, Bersinergi, Aman dan Taqwa. Humanis artinya mahasiswa harus memanusiakan manusia. Saling menghormati, menghargai dan mengenal lebih dekat tentang nilai-nilai kultural masyarakat di lokasi KKN,” jelas rektor.

Kemudian, empati dan simpati dengan masyarakat agar masyarakat juga care dengan mahasiswa Umri. Lalu bersinergi dengan berbagai komponen masyarakat, mulai dari aparatur desa dan kelurahan, tokoh adat, tokoh agama, cendikiawan dan cerdik pandai.

“Selanjutnya ciptakan suasana yang aman agar masyarakat merasa bahagia dengan kehadiran mahasiswa KKN Umri. Dan terakhir, mahasiswa KKN Umri harus bertakwa kepada Allah SWT sehingga mampu menjadi pelopor penerapan nilai-nilai keislaman di tengah-tengah masyarakat,” tukas Saidul Amin.





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan