News

Tim PKM PM UIR Hasilkan 7 Skenario Desain PAH Akselerasi Capaian SDG’s

SUARA PEKANBARU - Tim Program kreativitas Mahasiswa Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-PM) Universitas Islam Riau (UIR) Fakultas Teknik Sipil yang beranggotakan Vauzhea Sherlina, Fahmy Firmansyah, Nadila Febriani, Gryanda Wahyu Sugeng, Putri Yuliana dan Bismi Annisa S.T.,M.T. selaku dosen pendamping kini hadir dengan kegiatan dalam bidang manajemen sumberdaya air yang berjudul “Pemanenan Air Hujan (PAH) Sebagai Upaya Implementasi Sustainable Development Goals (SDG,s) Sektor Air Bersih dan Sanitasi di SMPN 06 Pekanbaru”. Keiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada SMPN 06 Pekanbaru terkait target ketercapaian air bersih dan cara pencapaiannya dengan memanfaatkan teknologi PAH, serta memberitahukan cara pembangunan PAH.

Kegiatan ini berlokasi di SMPN 06 Pekanbaru yang terletak di Jl. Rumbai Km. 2,5, Lembah Damai, Kecamatan Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau. Kegiatan pengabdian ini dilakukan secara daring dan luring, yakni adanya kegiatan sosialisasi yang dilakukan sebanyak 3 kali pertemuan melalui aplikasi zoom meeting dan pembangunan konstruksi PAH oleh tim mahasiswa yang berlangsung selama 2 hari. Kegiatan pembangunan PAH juga dihadiri oleh siswa beserta guru SMPN 06 Pekanbaru dengan tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19 yang ketat. Kegiatan zoom meeting dilakukan dari tanggal 28 Juli - 3 Agustus 2021 yang diikuti 5-8 siswa.

Adapun susunan agenda yang akan dilaksanakan telah dibagai menjadi 4 sesi materi. Untuk sesi-1 membahas mengenai konsep pemanen air hujan, sesi-2 membahas arah konsep air bersih dan sanitasi, sesi-3 membahas implementasi SDG’s,  dan sesi-4 membahas  rekomendasi skenario desain PAH yang akan dibangun di lokasi mitra. 

Terdapat 7 skenario desain yang telah diranncang, diantaranya, skenario desain 1- menggunakan 3 tangki 500 L; skenario desain 2- menggunakan 1 tangki 500 L, 1 bak filtrasi, 2 tangki 200 L; skenario desain 3- menggunakan 5 tangki 200 L dan 2 bak filtrasi; skenario desain 4- menggunakan 1 bak filtrasi dan 1 tangki 500 L; skenario desain 5- menggunakan 1 bak filtrasi, 1 tangki 500 L , dan sumur resapan; skenario desain 6-  menggunakan 4 tangki 200 L yang diletakkan dibawah atap tanpa sistem perpipaan; serta skenario desain 7 yang telah diterapkan di SMPN 06 Pekanbaru- menggunakan 1 bak filtrasi, 3 tangki air 500 L, dan pipa pembuangan.

Kepala sekolah SMPN 06 Pekanbaru, Fitria Yulia Rozi, M.pd menyambut baik kegiatan yang telah dilaksanakan oleh tim mahasiswa UIR. Ia berharap dengan adanya kegiatan ini, dapat memberikan ilmu pengetahuan kepada guru beserta siswa terkait teknologi pemanenan air hujan yang telah diterapkan di SMPN 06 Pekanbaru. Berdasarkan kegiatan yang telah dilaksanakan, tim melakukan evaluasi pengetahuan melalui google form untuk melihat apakah mitra sudah cukup memahami mengenai PAH, dan hasilnya mitra telah memiliki pengetahuan yang lebih baik mengenai topik kegiatan.

Tidak hanya itu, selain kegiatan diatas, mahasiswa UIR juga telah memberikan buku pedoman dengan judul “Percepatan Capaian SDG’s (Sustainable Development Goals) sektor air bersih dan sanitasi dengan skenario desain teknologi PAH (Pemanenan air hujan)” yang telah diterbitkan dan berISBN, sebagai simbol pengabdian. Untuk kedepannya, diharapkan buku pedoman tersebut tidak hanya dapat bermanfaat bagi SMPN 06 Pekanbaru namun bermanfaat juga bagi masyarakat disekitarnya.*





[Ikuti Terus Suarapekanbaru.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Suarapekanbaru.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan