Pekanbaru Kabut Asap, 1.136 Warga Terserang ISPA

Selasa, 06 Agustus 2019 - 06:11:00 WIB

Ilustrasi.(sumber;internet)

SUARA PEKANBARU - Dalam sepekan terakhir Kota Pekanbaru, Riau, berselimut kabut asap. Dampaknya, lebih dari seribu warga terjangkit penyakit Inpeksi Saluran Pernafasan Akut atau ISPA.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Pemkot Pekanbaru, Maisel Fidayesi mengatakan dalam satu pekan ini sebanyak 1.136 warga Pekanbaru positif terkena penyakit ISPA atau gangguan pernapasan.

"Berdasarkan pendataan kita di semua Puskemas dari 29 Juli sampai 3 Agutus 2019, ada 1.136 warga terkena ISPA," kata Maisel Fidayesi, Kemarin.

Namun, data yang dilansir Dinkes Kota Pekanbaru dengan yang dimiliki Dinkes Provinsi Riau jauh berbeda. Dimana Dinkes Riau menyebut penderita ISPA di Pekanbaru hanya 258 orang. Itupun merupakan data ISPA dari Januari hingga Juli 2019.

Dinkes Kota Pekanbaru melansir dari data 21 Puskesmas yang ada di Pekanbaru, bahwa usia yang paling banyak terpapar ISPA yakni usia 17 hingga 45 tahun dengan jumlah 447 orang.

Warga juga diimbau agar mengurangi aktivitas di luar luar. Jikapun harus ke luar harus menggunakan masker. " Kita sudah membagikan sejumlah masker ke warga. Bagi warga yang belum memiliki masker bisa membelinya karena harganya terjangkau," pintanya.

Berdasarkan data dari BMKG, hari ini kota Pekanbaru diselimuti asap dan jarak pandang hanya 1,5 kilometer. Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) saat ini berada di level tidak sehat.*