Tinjau Layanan Bus Vaksinasi Keliling RSD Madani, Ini yang Dilakukan Tim Penilai Inovasi Kemendagri

Rabu, 30 November 2022 - 19:00:00 WIB

SUARA PEKANBARU - Tim Penilai Indeks Inovasi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), berkunjung ke Rumah Sakit Daerah (RSD) Madani Pekanbaru di Jalan Garuda Sakti, Selasa (29/11).

Kedatangan tim dari Kemendagri dalam rangka validasi inovasi pelayanan di rumah sakit milik Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru itu, disambut langsung oleh Direktur RSD Madani dr Arnaldo Eka Putra Sp.PD beserta jajaran, Camat Tuah Madani Junaidi S.Sos M.Si dan jajaran.

Adapun inovasi RSD Madani yang divalidasi tersebut yakni Bus Vaksinasi Keliling yang merupakan inovasi kolaborasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Pekanbaru.

Dalam peninjauan itu, Tim Penilai Indeks Inovasi Daerah Kemendagri melihat langsung pelayanan vaksinasi yang diberikan Bus Vaksinasi Keliling RSD Madani di Jalan Lingkungan, Kecamatan Tuah Madani.

Usai peninjauan, Kepala Pusat Riset Kebijakan Publik Kemendagri Yanuar Farida Wismayanti MA PhD mengatakan, layanan vaksinasi keliling yang dilaksanakan Pemko Pekanbaru melalui RSD Madani sejak Mei 2021 lalu itu merupakan inovasi pertama di Indonesia.

 

"Keberlanjutan program apabila vaksinasi sudah selesai, bus bisa dialih fungsikan lagi menjadi angkutan umum. Ini tentu merupakan suatu inovasi sehingga bisa termanfaatkan kembali bus untuk masyarakat," ucapnya.

Sementara itu, Direktur RSD Madani dr Arnaldo Eka Puta menyebutkan, pengoperasian Bus Vaksinasi Keliling tersebut bertujuan mempermudah warga dalam mendapatkan pelayanan vaksinasi Covid-19.

"Layanan Bus Vaksinasi Keliling ini juga untuk mencegah penumpukan di satu tempat sehingga penyebaran Covid-19 bisa diminimalkan. Sejauh ini, dukungan pemerintah kota juga besar terhadap nakes yang menangani vaksinasi," ujar Naldo, sapaan akrab Direktur RSD Madani.