Siaga Bencana, Pj Walikota Pekanbaru Cek Langsung Peralatan

Senin, 21 November 2022 - 16:00:00 WIB

SUARA PEKANBARU - Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Muflihun memimpin apel Gelar Pasukan Siaga Bencana di halaman Mal Pelayanan Publik (MPP), Senin (21/11). Apel gelar pasukan ini guna mengecek kesiapan personel dalam menghadapi bencana Hidrometeorologi.

"Berdasarkan surat menteri dalam negeri pada 1 November 2022 tentang Kesiapsiagaan Menghadapi Potensi Bencana Hidrometeorologi, maka kami mengambil langkah-langkah kesiapsiagaan untuk mengurangi risiko dan dampak bencana Hidrometeorologi yaitu banjir, angin puting beliung, dan longsor. Saya juga telah menetapkan status siaga bencana darurat Hidrometeorologi melalui surat Keputusan Wali Kota Pekanbaru Nomor 829 Tahun 2022 tentang Penetapan Status Darurat Bencana Banjir, Longsor, dan Puting Beliung," kata Pj Wali Kota Muflihun dalam pidatonya.

Status ini sudah diterapkan mulai 10 November 2022 hingga 31 Januari 2023. Melihat besarnya ancaman bencana alam Hidrometeorologi tersebut, maka kewaspadaan perlu ditingkatkan.

"Dalam rangka mempersiapkan seluruh potensi, baik sumber daya manusia maupun peralatan yang digunakan untuk antisipasi bencana alam, maka kami menggelar apel gelar pasukan siaga bencana. Apel gelar pasukan siaga bencana merupakan momentum yang tepat bagi satuan pelaksana penanggulangan bencana untuk melakukan sinergi dan konsolidasi sebagai tanggung jawab kita bersama dalam rangka mengantisipasi bencana banjir, angin puting beliung, dan tanah longsor yang kemungkinan terjadi," jelas Muflihun.

Apel gelar pasukan siaga bencana ini dimaksudkan untuk memantapkan dan mensiapsiagakan, dan mengecek sejauh mana kesiapan personel, materil, peralatan, sarana prasarana, maupun semua pihak terkait dalam rangka menanggulangi bencana alam Hidrometeorologi di Pekanbaru.

"Apel gelar pasukan ini juga melihat kekurangan yang perlu disempurnakan bersama," ucap Muflihun.