Setiap Kecamatan di Pekanbaru Akan Punya Lahan Menanam Cabai

Rabu, 21 September 2022 - 09:00:00 WIB

SUARA PEKANBARU - Pj Wali Kota Pekanbaru Mulfihun, menggelar rapat bersama para camat dan penyuluh pertanian di ruang Multimedia Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru, Selasa (20/9). Rapat ini kelanjutan dari instruksi Gubernur Riau untuk menggalakkan gerakan menanam cabai merah.

Gerakan menanam cabai merah ini sebagai upaya mencegah inflasi terjadi. Apalagi komoditas cabai merah menjadi satu penyumbang inflasi di Pekanbaru.

Muflihun menyebut gerakan ini juga menjadi cara mencegah lonjakan harga cabai merah di pasaran. Ada rencana setiap kecamatan nantinya membuka lahan khusus untuk menanam cabai merah.

"Nantinya kita instruksikan para penyuluh pertanian mendampingi, agar hasil cabai merah yang ditanam bisa panen," ujarnya.

 

Dirinya menyebut bahwa para penyuluh bakal mendampingi masyarakat yang bercocok tanam cabai merah di lahan tersebut. Ia berharap nantinya hasil tanam cabai ini bisa dipanen setelah disemai.

Muflihun menilai bila penanaman cabe merah ini berkelanjutan tentu pasokan cabai lokal bisa memenuhi kebutuhan Kota Pekanbaru. Mereka tentu bisa memenuhi lebih dari setengah permintaan lokal.

Kondisi tersebut jelas bisa membuat harga cabai merah pun menjadi lebih murah. Apalagi selama ini cabe merah merupakan satu penyumbang inflasi di Kota Pekanbaru.

"Jadi kita berkembang, ya tinggal seperempat kebutuhan saja yang dipasok dari luar Pekanbaru," paparnya.

Walau demikian, Mulfihun belum memastikan luas lahan yang bakal menjadi tempat menanam cabai merah. Ia menyebut tim Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kota Pekanbaru serta Dinas Ketahanan Pangan (Disketapang) Kota Pekanbaru sedang melakukan pendataan lahan di setiap kecamatan.