Kasus DBD di Pekanbaru Meningkat, Ini Penyebabnya

Senin, 19 September 2022 - 16:00:00 WIB

SUARA PEKANBARU - Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kota Pekanbaru sangat mengkhawatirkan. Ada peningkatan kasus DBD pada saat ini.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Pekanbaru, Zaini Rizaldy mengatakan bahwa kasus DBD mengalami peningkatan karena terjadi peralihan antara musim panas dengan musim penghujan.

"Musim peralihan ini biasanya populasi nyamuk pun bertambah, sehingga membuat kasus mengalami peningkatan," ujarnya, Senin (19/9).

Dirinya mengatakan bahwa kasus DBD banyak terjadi di wilayah yang lingkungannya kurang terjaga kebersihannya. Satu cara mencegahnya dengan rutin menggelar gotong royong di lingkungan.

Masyarakat bisa menyingkirkan sampah yang bisa menjadi sarang nyamuk. Ada di antaranya botol bekas, ban bekas hingga tempat makan atau minuman ternak.

Zaini menilai dengan rutin membersihkan lingkungan tentu bisa mengurangi dampak DBD di wilayahnya. Ia menyebut 70 persen penyebab kasus DBD meningkat karena faktor lingkungan.

"Kalau kebersihan lingkungan terabaikan, tentu nyamuk bakal bersarang di sana. Ditambah banyak sampah dan penampungan air," ujarnya.