JCH Pekanbaru Berangkat Perdana 8 Juli

Sabtu, 15 Juni 2019 - 07:54:00 WIB

Sumbar;Internet

SUARA PEKANBARU - Setelah melewati proses pembekalan manasik haji sebanyak 1.238 Jemaah Calon Haji (JCH) asal Kota Pekanbaru akan diberangkatkan secara bertahap mulai tanggal 8 Juli mendatang dengan dimulai dari JCH Kloter II.

Kepala Bagian Kesra Setdako Pekanbaru, Sarbaini mengatakan jika keberangkatan JCH asal Pekanbaru terbagi dalam lima kloter. Empat kloter lainnya berangkat dengan jadwal berbeda.

"Rombongan haji dari Pekanbaru berangkat dalam lima kloter. Nantinya masing-masing kloter ada yang berangkat dengan jemaah dari daerah lain di Provinsi Riau," katanya, Jumat (14/6/2019).

Sarbaini mengatakan, para jemaah berangkat dari Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru. Mereka nantinya sempat bermalam di Embarkasi Haji Antara Riau satu hari jelang berangkat.

"Pemerintah kota pada tahun ini hanya memberi fasilitas transportasi menuju embarkasi dan bandara. Nantinya keluarga cuma bisa mengantar para JCH hingga di Kantor Kemenag Kota Pekanbaru," ujarnya.

Awalnya jumlah JCH asal Kota Pekanbaru sebanyak 1.240 orang. Namun dua diantaranya meninggal dunia saat persiapan berangkat ke tanah suci.

Sementara itu, Kepala Kementerian Agama Kota Pekanbaru Edward S Umar, mengatakan melalui kegiatan manasik haji dirinya berharap JCH sudah memiliki kematangan sebelum berangkat ke tanah suci. Diharapkan menjadi pelopor pembangunan sekembalinya mereka pulang dari tanah suci, JCH diharapkan juga dapat jadi tauladan masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Kegiatan manasik haji ini adalah memberitahukan pengalaman pada CJH, sehingga mereka tidak stres sampai di tanah suci dan mereka betul sudah merasakan berada di tanah suci. Kami harap mereka dapat bersungguh dan pulang dari tanah suci menjadi haji yang mabrur dan menjadi tauladan masyarakat," pungkasnya.*