Mudik Keluar Pekanbaru, Waspadai Titik-titik Rawan di Jalur Riau-Sumut ini

Ahad, 02 Juni 2019 - 08:12:00 WIB

Ilustrasi.(sumber;internet)

SUARA PEKANBARU - Hingga H-4 Hari Raya Idul Fitri 1440 H, arus lalulintas mudik di jalur alternatif Provinsi Riau-Sumatera Utara (Sumut), di Kabupaten Rokan Hulu, terpantau masih lancar.

Kapolres Rohul AKBP Hasyim Risahondua, melalui KBO Satlantas Polres Rohul Iptu P. Simatupang, Sabtu (1/6/2019) malam mengatakan, dari pantauan di empat Pos Pengamanan (Pospam) masing di simpang TB Kecamatan Tandun, simpang tiga RS Surya Insani dan seberang Masjid Agung, serta simpang LKA Tambusai di Dalu-Dalu Kelurahan Tambusai Tengah, intensitas kendaraan mudik yang melintas masih lancar.

"Hingga H-4 ini, kendaraan masih di dominasi roda 2 yang jumlahnya diperkirakan ratusan menuju Sumatera Utara dari pantauan kita lonjakan tersebut terjadi mulai dari pukul 5 subuh sampai pukul 08.00 pagi," cakap Iptu P. Simatupang.

Ditambahkannya, hingga H-4 ini, peristiwa lakalantas masyarakat yang mudik masih nihil. Diharapkan, hingga arus balik selesai, tidak ada peristiwa lakalantas yang terjadi.

Dikatakan Iptu P. Simatupang di Kabupaten Rokan Hulu ada beberapa titik ruas jalan yang rawan seperti KM 362 Desa Sontang Kecamatan Bonai Darusalam yang menghubungkan Rohul dan Duri Kabupaten Bengkalis,  dimana daerah ini merupakan  daerah  rawan banjir.

Daerah rawan banjir lainnya berada di KM 183/184 Simpang Supra Desa Babusalam Kecamatan Rambah, dimana jalur ini merupakan jalur menuju Sumatera Utara.

Selain daerah rawan banjir, ada beberapa ruas jalan yang berpotensi macet pada saat puncak arus mudik dikarenakan terdapat Pasar tumpah. Seperti KM 152/153 Pasar Tumpah Ujung Batu Kecamatan Ujung batu, KM 102/103 Pasar tumpah kabun Kecamatan kabun, KM 102/103 pasar tumpah Desa Kasang Kabun Kecamatan Kabun dan km 137/138 Pasar Tumpah Tandun Kecamatan Tandun.

Untuk jalur rawan lakalantas berada di KM 116-117 Desa Tandun, Kecamatan Tandun. Para pengendera diminta mengurangi kecepatan di jalan lurus, karena jalan jalur ini memiliki persimpangan yang ramai.

Selanjutnya, KM 173/ 174 Desa Sukamaju Kecamatan Rambah Rokan Hulu juga menjadi salah satu daerah yang harus diwaspadai para pengendara karena di daerah ini terdapat penyempitan jalan di sebabkan adanya jembatan dan sering menyebabkan kecelakaan khususnya pada malam hari.

Untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaam lalulintas selama arus mudik, Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Rokan Hulu juga sudah mengefektifkan Puskesmas Rawat Inap 24 jam yang berada di setiap kecamatan. selain itu, 4 unit ambulance juga disiagakan di 4 Pospam Ops Ketupat 2019.

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) juga sudah melakukan tambal sulam di ruas jalan yang menjadi jalur mudik seperti ruas jalan Kecamatan Ujung Batu, untuk memberikan kenyamanan pada masyarakat yang mudik ke kampung halaman.*