Walikota Pekanbaru: Ancaman Covid-19 Masih Ada

Jumat, 13 Mei 2022 - 16:00:00 WIB

SUARA PEKANBARU - Hasil evaluasi Satgas Covid-19 memutuskan Kota Pekanbaru masih berada pada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2. Kebijakan ini berlaku selama dua pekan kedepan.

Walikota Pekanbaru Dr. H. Firdaus, S.T, M.T menyebut, berdasarkan evaluasi Satgas Covid-19 Pekanbaru, untuk Pekanbaru sebenarnya sudah bisa memenuhi indikator berada di PPKM Level 1 karena jumlah kasus positif turun. Namun, karena Pekanbaru merupakan ibukota Provinsi Riau, resiko penyebaran itu lebih besar.

"Kalau kita dikasih (pemerintah pusat) PPKM level 1, masyarakat lebih bebas. Sebenarnya ancaman (Covid-19) itu masih ada," ujar Firdaus, Kamis (12/5).

Menurutnya, saat Pekanbaru terapkan PPKM level 2 banyak masyarakat yang abaikan protokol kesehatan. Terutama dalam penggunaan masker saat di tempat umum.

"Sekalipun pengendalian Covid-19 kita sudah bagus dan juga tingkat capaian vaksinasi juga bagus, bukan berarti sudah vaksin tiga kali tidak kena covid. Saya malah kena Covid nya setelah vaksin booster," ungkapnya.

Dirinya mengingatkan masyarakat untuk tetap disiplin menjalankan prokes. Guna melindungi diri dari sebaran Covid-19. Firdaus menyebut yang paling utama adalah menggunakan masker.