Momen Idul Fitri, Walikota Pekanbaru Tetap Ingatkan Masyarakat Protokol Kesehatan

Ahad, 01 Mei 2022 - 21:00:00 WIB

SUARA PEKANBARU - Wali Kota Pekanbaru Dr. H. Firdaus, S.T,M.T mengingatkan warga tetap disiplin protokol kesehatan (Prokes) saat perayaan Idul Fitri 1443 Hijriyah. Sehingga semua kegiatan dalam menyambut hari besar tersebut dapat aman dari Covid-19.

"Protokol kesehatan untuk mengantisipasi penularan Covid-19 harus tetap disiplin dilakukan. Supaya kita dapat menjalankan ibadah dengan aman dari Covid-19," ujarnya, Jumat (29/4).

Ia meminta warga tidak abai meskipun saat ini angka penularan Covid-19 sudah jauh menurun. Sehingga tidak terjadi peningkatan kasus pasca perayaan tersebut.

Sebelumnya, Wali Kota Pekanbaru, Firdaus juga sudah mengeluarkan SE tentang Pelaksanaan Gema Takbir, Shalat Idul Fitri dan Halal Bi Halal Pada Perayaan Idul Fitri 1443 H di Kota Pekanbaru. Melalui SE ini, ia meminta agar protokol kesehatan diterapkan dalam setiap kegiatan.

Warga Pekanbaru saat ini sudah dapat melaksanakan shalat Idul Fitri di lapangan terbuka maupun masjid dan musala. Namun ia menegaskan agar kegiatan tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Untuk kegiatan Halal Bi halal atau open house bisa digelar, dengan jumlah tamu terbatas hanya 75 persen dari kapasitas ruangan. Penyelenggara mesti menghindari acara makan-makan di keramaian yang membuat peserta membuka masker. Karena aktivitas tersebut rawan menularkan Covid-19," jelasnya.

Sedangkan bagi masyarakat yang mudik lebaran agar memastikan rumah yang ditinggalkan dalam kondisi aman. Hal ini guna menghindari kondisi yang tidak diinginkan.

Sementara itu, setiap warga lingkungan perumahan juga diminta saling menjaga
lingkungannya selama masa mudik lebaran. Mereka yang mudik diminta untuk melapork kepada Satuan Tugas Rumah Kosong Polresta Pekanbaru melalui RT/RW, lurah dan camat
secara berjenjang.