SELAMAT! Pekanbaru Raih Peringkat Pertama Kelulusan Tingkat SMP se-Riau

Selasa, 28 Mei 2019 - 07:12:00 WIB

Ilustrasi.(sumber;internet)

SUARA PEKANBARU - Pengumuman kelulusan siswa tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Pekanbaru akan diumumkan hari ini (28/5/2019). Dari data yang dihimpun Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru, Kota Pekanbaru merupakan peringkat pertama hasil Ujian Nasional (UN) terbaik se-Riau. 

Rata-rata nilai siswa SMP di Pekanbaru mencapai 231,53 dari empat mata pelajaran dan 17.352 siswa yang mengikuti UN. Bahkan nilai rata-rata masing-masing pelajaran di antaranya Bahasa Indonesia 71,87, Bahasa Ingris 56,28, Matematika 50,40 dan Ipa 52,98.

Kepala Disdik Kota Pekanbaru, H Abdul Jamal MPd, hasil ini juga diraih Pekanbaru tahun lalu. Tetapi, untuk tahun sekarang rata-rata nilai meningkat dibandingkan sebelumnya.

"Alhamdulillah kita mendapatkan peringkat pertama hasil UN, biasanya hasil UN kita bersaing dengan Kabupaten Kuantan Singingi," papar Jamal.

Selain itu, Jamal menyebutkan meminta kepada pihak sekolah cara pengumuman hasil kelulusan siswa dengan dua cara. Di antaranya pertama melalui website ataupun media massa. Kedua dengan cara orang tua mengawal anaknya ke sekolah.

"Ini sebagai antisipasi anak-anak melakukan konvoi ataupun coret-coret baju. Kita juga melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian agar menghindari anak-anak konvoi. Bahkan pengumumun biasanya pukul 16.00 WIB jika di hari biasa. Karena sekarang bulan suci ramadhan pengumuman dilakukan pukul 14.00 WIB, " tutur Jamal.*