Pasien Meninggal Dunia Positif Covid-19 di Riau Meningkat

Selasa, 01 Maret 2022 - 19:00:00 WIB

SUARA PEKANBARU - Dalam seminggu terakhir, pasien positif COVID-19 di Riau yang meninggal dunia terus mengalami peningkatan. Dari data yang dihimpun, pasien positif COVID-19 yang meninggal dunia memiliki komorbid atau penyakit penyerta.

Juru bicara Satgas COVID-19 Riau dr Surya Hajar mengatakan, selain memiliki penyakit penyerta pasien positif COVID-19 yang meninggal dunia tersebut juga sudah berusia lanjut, berusia di atas 60 tahun.

"Pasien Positif COVID-19 yang meninggal belakangan ini banyak yang sudah berusia lanjut dan juga punya komorbid," kata dr Surya, Senin (28/2/2022).

Dengan kondisi tersebut, pihaknya meminta kepada masyarakat yang terkonfirmasi positif COVID-19 untuk dapat melakukan isolasi mandiri di tempat yang sudah disediakan pemerintah. Sementara, bagi yang bergejala hendaknya langsung menuju kesarana kesehatan terdekat.

"Tujuannya jika mengalami keluhan bisa langsung dipantau oleh tim dokter dan mendapatkan pengobatan," ujaranya.

Dijelaskan dr Surya, saat ini pasien positif COVID-19 yang tidak bergejala memang diprioritaskan untuk menjalani isolasi mandiri ditempat yang sudah disediakan pemerintah. Sedangkan yang bergejala, dan berusia lanjut baru dapat dirawat dirumah sakit.

"Ini juga untuk menjaga ketersediaan ruang perawatan pasien positif COVID-19 dirumah sakit. Meskipun saat ini banyak pasien yang tidak bergejala, namun antisipasi tetap harus dilakukan," katanya.