Gubri ke Disdik Riau: Tujuan Kita Meningkatkan SDM

Senin, 13 Desember 2021 - 16:00:00 WIB

SUARA PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar meminta pihak Dinas Pendidikan (Disdik) Riau, betul-betul mengawasi proyek pembangunan sekolah. Ia tegaskan, jangan sampai, hanya mampu membangun akan tetapi manfaatnya tidak sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh sekolah. Hal ini disampaikan Gubri saat melakukan peninjauan ke Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Rengat Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Senin (13/12/21).

"Tujuan kita meningkatkan SDM. Jangan sampai nanti kesal orang tuanya (siswa). Jangan sampai anak tamat  SMK, tapi tak dapat kerja karena tak sesuai kompetensi yang diinginkan," ucapnya.

Gubri menegaskan, kepada pengawas proyek sekolah ketika melakukan peninjauan, hendaknya dilakukan penngkajian secara utuh ke semua sisi sekolah. Bukan hanya datang berkunjung, kemudian pulang.

"Harusnya kalau kita meninjau sesuatu jangan bangunan saja. Tengok sekolah secara utuh. Tanya kepala sekolah dan guru-guru apa yang diperlukan," ujarnya.

Syamsuar tidak menginginkan, proyek pembangunan yang dilakukan mampu menyelesaikan permasalahan yang ada di sekolah tersebut. Jangan sampai tidak sesuai dengan kebutuhan yang ada di sekolah itu.

"Itu makanya, kalau peninjauan saya betul-betul melihat keseluruhan. Agar tidak salah," ucapnya.

Mantan Bupati Siak ini mengaku, dulu ia sangat sulit untuk bisa bersekolah. Ia harus bekerja baru bisa melanjutkan pendidikan bahkan bisa mencapai posisi gubernur seperti saat ini.

Untuk itu, ia menginginkan pembangunan sekolah ini tidak main-main. Serta betul-betul dapat meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di sekolah-sekolah.

"Tak mudah saya sekolah itu, saya harus bekerja dulu. Itulah kalau saya nengok sekolah itu, saya tak nengok ajo (melihat saja). Tapi saya tengok secara utuh," sebutnya.