Wali Kota Terima Piala TPID Award 2021 dari Petinggi Bank Indonesia

Jumat, 17 September 2021 - 08:21:00 WIB

SUARA PEKANBARU - Wali Kota Pekanbaru DR H Firdaus MT menerima piala Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Award 2021 dari dua petinggi Bank Indonesia (BI), Kamis (16/9/2021). Pekanbaru menjadi yang kota terbaik karena TPID-nya telah berhasil dalam program pertanian terpadu menuju transformasi ekonomi dan pengendalian inflasi daerah. 

"Saya berterima kasih kepada tim TPID Pekanbaru. Prestasi ini diperoleh atas kerja keras, kerja cerdas, dan kerja ikhlas dari tim TPID yang bisa memberikan kesejahteraan kepada masyarakat di tengah pandemi Covid-19," kata Wali Kota usai menerima Piala TPID Award 2021 di Gedung BI perwakilan Riau. 

Berbicara kesejahteraan tidak terlepas dari kegiatan-kegiatan. Pertama, pertumbuhan ekonomi yang harus digesa. "Upaya yang kami lakukan adalah menekan angka Covid-19. Sehingga, perekonomian bisa kamu pulihkan dengan cepat," jelasnya.  

Pertumbuhan ekonomi saja tidak cukup. Bila pertumbuhan ekonomi tinggi tapi inflasi juga tinggi, artinya sama saja tidak ada pertumbuhan. Arahan dari presiden dan TPID pusat menjadi acuan untuk bekerja menghadapi tantangan ke depan yaitu memulihkan perekonomian di masa pandemi corona.

"Kami berterima kasih atas penghargaan yang diberikan kepada kami untuk wilayah Sumatera. Saat ini, angka inflasi Pekanbaru sekitar 2 persen," ucap Wali Kota. 

Sebelumnya, Kota Pekanbaru meraih penghargaan dalam Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Award 2021 dari pemerintah pusat. TPID Pekanbaru diumumkan menjadi yang terbaik di wilayah Sumatera pada 25 Agustus lalu. Kepala Bank Indonesia (BI) perwakilan Provinsi Riau Decymus juga menyampaikan hasil evaluasi Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) pada triwulan kedua. Kota Pekanbaru dengan nilai 90 juga menjadi nomor 3 nasional dalam predikat kota digital. Sedangkan untuk inflasi saat acara dengan presiden, Pekanbaru terbaik di Sumatera. 

Dalam siaran Istana Negara, peresmian pembukaan rapat koordinasi nasional pengendalian inflasi dipimpin oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kegiatan ini sekaligus memberikan apresiasi kepada daerah-daerah terpilih dalam bentuk TPID Award. Kabupaten dan kota dengan predikat Kota Berprestasi TPID Award 2020 yaitu di wilayah Sumatera adalah Kabupaten Tanah Datar. Kabupaten Blitar untuk wilayah Jawa-Bali. 

Kabupaten Kutai Barat untuk wilayah Kalimantan. Kabupaten Bone Bolango untuk wilayah Sulawesi. Kabupaten Maluku Tenggara untuk wilayah Nusa Tenggara, Maluku dan Papua. Sedangkan TPID Kabupaten/Kota Terbaik diraih Kota Pekanbaru untuk wilayah Sumatera. TPID Pekanbaru telah berhasil dalam program pertanian terpadu menuju transformasi ekonomi dan pengendalian inflasi daerah.*