Pemko Pekanbaru MoU dengan BRI Cabang Lancang Kuning

Jumat, 13 Agustus 2021 - 15:12:00 WIB

SUARA PEKANBARU - Wali Kota Pekanbaru DR H Firdaus MT, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Yuliarso, dan Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perparkiran Radinal Munandar menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Kepala Kantor Cabang BRI Lancang Kuning (Menara BRI) Bayu Destianto. Penandatanganan MoU ini dalam rangka mempermudah pembayaran perparkiran dan ongkos naik bus Trans Metro Pekanbaru (TMP).

Wali Kota Pekanbaru usai penandatangan MoU di Aula Kompleks Perkantoran Tenayan Raya, Jumat (13/8/2021), mengungkapkan, Dishub memiliki dua kegiatan pelayanan publik yaitu pengelolaan perparkiran dan bus Trans Metro Pekanbaru (TMP). Terkait retribusi parkir, Dishub bekerja sama dengan BRI.

"Melalui aplikasi non tunai maka warga dimudahkan pembayaran parkir. Di samping itu, uang parkir yang diperoleh dapat terkontrol dengan baik," katanya.

Kerja sama dengan BRI ini akan dapat meningkatkan pelayanan publik dalam hal perparkiran. Di era digitalisasi, pembayaran parkir tidak lagi dengan uang tunai. Oleh sebab itu, aplikasi pembayaran non tunai sangat dibutuhkan.

Pembagian non tuai juga akan diterapkan pada bus TMP pada akhir tahun ini. Saat ini, Dishub tengah menyiapkan feeder (sejenis angkot) yang menjemput warga di lingkungan permukiman. Dengan feeder ini, warga diantar ke halte bus TMP terdekat.
"Nanti, pembayarannya ongkos feeder dan bus TMP juga menggunakan aplikasi digital yang disiapkan BRI," jelas Firdaus.

Kesempatan yang sama, Kepala Cabang BRI Lancang Kuning Bayu mengatakan, pihaknya membantu Pemko Pekanbaru di berbagai bidang layanan. BRI sudah memiliki teknologi yang sangat baik dengan jaringan luas. Sehingga, BRI dapat mendukung keperluan perbankan Pemko Pekanbaru.

"Pada tahap awal ini, kami bekerja sama dengan Dishub terkait retribusi parkir. Dengan kerja sama ini, laporan keuangan pendapatan daerah dari retribusi parkir semakin transparan," ungkapnya.

Masyarakat juga dipermudah dalam proses pembayaran yang parkir. Perlu diketahui, BRI punya banyak variasi pembayaran non tunai QR Code yang digalakkan Bank Indonesia. QR Code ini dinamakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).

"QR Code ini bisa dilakukan oleh berbagai media pembayaran. Pembayaran uang parkir juga bisa menggunakan kartu Brizzi BRI. Ke depan, kerja sama ini akan berkembang ke sektor lainnya seperti pembayaran ongkos bus TMP," ucap Bayu.*