BKPSDM Pekanbaru Gelar Sosialisasi Penggunaan Aplikasi SIMPEG

Jumat, 27 Agustus 2021 - 18:55:31 WIB

SUARA PEKANBARU - Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Pekanbaru menggelar sosialisasi penggunaan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) dan penerapan BOT WhatsApp Helpdesk BKPSDM.

Sebanyak 486 orang peserta yang terdiri dari Kasubag Umum seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), kepala sekolah, dan operator sekolah dari TK, SD, dan SMP negeri di lingkungan Pemko Pekanbaru.

Kepala BKPSDM Kota Pekanbaru Baharuddin saat membuka sosialisasi ini secara virtual, Kamis (26/8), menyampaikan, pemutakhiran data pada aplikasi kepegawaian (SIMPEG) sangat penting. Dengan adanya data SIMPEG yang terbaru dan benar, maka proses pelayanan kepegawaian akan lebih cepat dan efektif.

"Hal ini guna mendukung visi wali kota yakni menjadikan Pekanbaru Smart City Madani," katanya.

Dalam rangka memberikan pelayanan kepada ASN, maka penerapan BOT WhatsApp Helpdesk BKPSDM perlu disosialisasikan. Aplikasi ini merupakan layanan interaktif WhatsApp yang secara otomatis direspon oleh sistem yang ada di BKPSDM.

Layanan ini merupakan aplikasi baru yang dikembangkan oleh BKPSDM. Layanan ini memberikan pelayanan informasi dan bantuan bagi pegawai mulai dari lupa password, pengajuan cuti, Kenaikan Gaji Berkala (KGB), kenaikan pangkat, dan lainnya.

"Pegawai hanya cukup mengirimkan pesan WhatsApp ke nomor 081266699166. Selanjutnya, sistem akan merespon pesan dari ASN dan mengarahkan tahap-demi tahap pada layanan informasi dan bantuan kepegawaian," jelas Baharuddin.

Selain itu disampaikan juga terkait pemutakhiran data mandiri pada Aplikasi MySAPK BKN. Sehingga pada 14 September 2021,seluruh ASN Kota Pekanbaru harus melakukan pemutakhiran data kepegawaian secara mandiri pada aplikasi MySAPK.

Sebagai narasumber sosialisasi ini adalah PNS pada bidang Pengadaan, Pemberhentian dan Sistem Informasi (PPSI) BKPSDM Kota Pekanbaru. Pada acara ini, para kepala sekolah sangat antusias. Hal ini terbukti dari banyaknya pertanyaan terkait aplikasi SIMPEG dan BOT WA Helpdesk BKPSDM.