Tak Hanya Sungai Utama, Normalisasi Juga Dilakukan Pada Anak Sungai di Pekanbaru

Ahad, 22 Agustus 2021 - 13:00:00 WIB

SUARA PEKANBARU - Normalisasi tak hanya dilakukan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru pada sungai-sungai besar. Tapi, normalisasi juga dilakukan pada anak sungai.

"Hari ini, kami melakukan normalisasi di anak sungai Sail di Jalan Belimbing,  Perumahan Jondul," kata Kepala Dinas PUPR Pekanbaru Indra Pomi Nasution, Minggu (22/8).

Kegiatan normalisasi dilakukan oleh pasukan kuning. Pembersihan rumput liar dan sampah menjadi fokus utama.

"Normalisasi ini bertujuan memperlancar aliran air. Sehingga, anak sungai bisa mengalirkan air hujan dengan lancar ke Sungai Sail," ujar Indra Pomi.

Dinas PUPR akan terus melakukan kegiatan pembersihan saluran air di seluruh wilayah Pekanbaru. Tak hanya pembersihan, pengerukan sungai utama juga dilakukan dengan menggunakan alat berat.

Sehari sebelumnya, Dinas PUPR juga melakukan pemeliharaan saluran air di Jalan Ahmad Yani. Pemeliharaan di daerah ini dilakukan karena menjadi langganan banjir, terutama saat hujan dengan intensitas tinggi.

"Kami membersihkan saluran air dari tumpukan sampah, pasir, dan rumput liar," ungkap Indra Pomi.

Pemeliharaan saluran air ini bertujuan menambah daya tampung. Hal ini sekaligus memperlancar aliran air sehingga bisa meminimalisir genangan air.