Tim Satgas Pekanbaru Klaim Terus Optimalkan Penelusuran Kontak Erat Pasien Covid-19

Ahad, 22 Agustus 2021 - 09:00:00 WIB

SUARA PEKANBARU - Tim penelusuran kontak erat pasien Covid-19 di Kota Pekanbaru mengoptimalkan penelusuran terhadap kontak erat pasien.

Mereka berupaya menelusuri hingga 15 orang kontak erat untuk satu pasien Covid-19. "Kita optimalkan penelusuran kontak erat," ujar Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Zaini Rizaldy, Minggu (22/8).

Menurutnya, tim berupaya memberi pengertian kepada kontak erat pasien agar bersedia menjalani karantina. Apalagi saat ini ada sejumlah lokasi isolasi terpadu bagi pasien Covid-19.

Tim satgas gabungan terus melakukan penelusuran terhadap kontak erat pasien Covid-19. Walau ada keterbatasan tim yang bertugas melakukan penelusuran.

Dirinya tidak menampik tim gabungan terdiri dari puskesmas, babinsa dan babinkantibmas masih terbatas. Jumlahnya masih belum mencukupi target penelusuran kontak erat setiap harinya.

"Saat ini tim satgas juga berupaya menyiapkan sarana untuk mendukung pendataan kontak erat," jelasnya.

Zaini mengaku bahwa tim satgas di lapangan membutuhkan tambahan tenaga membantu proses penelusuran kontak erat. Mereka juga membutuhkan tim IT data untuk mendukung input data kontak erat.

Ada mahasiswa menjadi tim IT untuk mendukung proses pendataan di 21 puskesmas. Ada juga mahasiswa perawat yang menjadi tim relawan untuk membantu penelusuran kontak erat.