715 Pelamar CASN Pekanbaru Dinyatakan Gugur

Jumat, 06 Agustus 2021 - 19:00:00 WIB

SUARA PEKANBARU - Seleksi administrasi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Kota Pekanbaru telah diumumkan, Selasa (3/8). Dari 5.645 pelamar, hanya 4.930 pelamar yang dinyatakan memenuhi persyaratan.

Artinya, ada 715 pelamar tidak lolos seleksi administrasi karena tak memenuhi syarat. Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Pekanbaru Baharuddin mengatakan, kebanyakan CPNS tidak memenuhi syarat karena surat lamaran tidak sesuai format.

Kata dia, daerah atau instansi tujuan surat lamaran tidak sesuai. "Ada juga kami temukan pelamar dari kampus yang tidak ada akreditasi. Mereka juga tidak sesuai formasi atau kualifikasi pendidikan," kata Baharuddin, Jumat (6/8).

Lanjutnya, pelamar yang tidak lolos ada juga yang karena IPK di bawah syarat minimal. Sedangkan calon PPPK yang non guru kebanyakan tidak memenuhi syarat karena tidak melampirkan pengalaman kerja.

"Ada juga syarat pengalaman kerja kurang dari tiga tahun dan surat tanda registrasi tidak berlaku lagi," jelasnya.

Bagi pelamar yang tidak memenuhi syarat bisa menyampaikan sanggahan dalam tiga hari ke depan. Para pelamar bisa mengakses pengumuman di bkpsdm.pekanbaru.go.id untuk melihat hasil seleksi.

Ia merinci bahwa untuk formasi CPNS ada 2.410 dari 3.062 pelamar memenuhi syarat. Sedangkan formasi PPPK untuk PPPK guru pelamar mencapai 2.468 orang. "Kemendikbud Ristek mengumumkan langsung PPPK guru. Lalu PPPK Non Guru jumlah pelamar yang memenuhi syarat sebanyak 52 dari 115 pelamar," jelasnya.

Sementara, formasi keseluruhan pada CASN Pemko Pekanbaru tahun 2021 ada sebanyak 313 formasi. Formasi tahun ini kebanyakan bagi tenaga teknis. Ada formasi bagi teknik sipil, arsitektur hingga geologi.

Formasi lainnya yakni administrasi publik, ekonomi, psikolog, peternakan dan peternakan dan informatika. Dari 313 formasi yang tersedia, terbagi untuk PPPK sebanyak 280 formasi. Sedangkan kuota untuk CPNS umum hanya 33 formasi saja.