Realisasi Vaksinasi di Pekanbaru Baru 30 Persen

Sabtu, 10 Juli 2021 - 19:00:00 WIB

SUARA PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melalui Dinas Kesehatan (Diskes), kini tengah berupaya mengejar target vaksinasi 70 persen atau sekitar 730 ribu jiwa dari total penduduk yang mencapai 1,2 juta jiwa.

"Kalau sampai sekarang realisasinya sudah 30 persen," kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Diskes Kota Pekanbaru Arnaldo Eka Putra, Jumat (9/7).

Untuk mengejar target vaksinasi 70 persen hingga akhir Desember mendatang, sebut dia, Diskes telah bekerjasama dengan 21 puskesmas, 28 rumah sakit, serta 10 unit bus vaksinasi keliling.

"Dalam satu hari, tiap faskes (fasilitas kesehatan) memberikan pelayanan vaksin rata-rata 200 orang. Karena kekuatan satu tim vaksin itu memang untuk 200 orang," ucapnya.

"Begitu juga dengan bus vaksinasi keliling, sekitar 200 orang per bus per hari. Jadi kalau kita kalikan, kemampuan kita bisa memvaksin 10 ribu orang sehari," ulas Arnaldo.

Hanya saja, lanjut dia, pelayanan vaksinasi sedikit terkendala akibat keterbatasan vaksin. Yang mana stok vaksin dari Pemerintah Pusat tidak mampu mencukupi kebutuhan vaksin di Kota Pekanbaru.

"Kita genjot pelayanan, vaksinnya tidak cukup. kadang-kadang kita kan sulitnya di situ (kekurangan stok vaksin)," tutupnya.