Kementerian Alokasikan Anggaran Pembangunan 20 Halte di Pekanbaru

Ahad, 13 Juni 2021 - 17:00:00 WIB

SUARA PEKANBARU - Pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengalokasikan anggaran pembangunan 20 unit halte bus Trans Metro Pekanbaru (TMP). Total anggaran pembangunan 20 unit halte lebih kurang sebesar Rp 3 miliar.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru Yuliarso ditanya terkait pembangunan menjelaskan, 20 unit yang akan dibangun ada dibeberapa ruas jalan, diantaranya Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Tuanku Tambusai, dan Jalan HR Soebrantas.

"Tidak seluruhnya (halte yang akan dibangun), kita dapat alokasi hanya 20 unit. Itu sebagian besar ada di jalan nasional seperti Jalan Jenderal Sudirman. Itu sudah proses lelang dari kementerian, bukan kita. Dan pihak ininya (perusahan pemenang lelang) sudah dipilih oleh pusat, programnya dari pusat, anggarannya anggaran pusat," jelas Yuliarso.

Yuliarso menyebut, halte yang akan dibangun diantaranya 12 unit di Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Tuanku Tambusai, Pandau, dan 1 unit di Jalan HR Soebrantas. "Totalnya ada 20 unit halte," kata Yuliarso.

Disinggung terkait penghapusan aset, dijelaskan Yuliarso, sebelum ini dibongkar, pihaknya sudah proses pengusulan, dan penilaian. "Dinilai, habis itu baru kita hapus atau dilelang sisa bangunannya. Siapa yang ngambil mereka bayar ke kas daerah. Setelah dibayar baru dibongkar," jelas Yuliarso.