Tekan Covid-19, Walikota Minta Data Lansia per Kelurahan

Rabu, 26 Mei 2021 - 09:00:00 WIB

SUARA PEKANBARU - Pemko Pekanbaru mengutamakan warga lanjut usia disuntik vaksin guna menekan angka kematian akibat pandemi Corona. Oleh karena itu, para camat dan lurah diminta menyiapkan data para lansia di tiap kelurahan.

"Kepada para camat, lurah, Babinsa, dan Bhabinkamtibmas, kita mesti cepat melaksanakan dua tugas. Kita putus rantai penyebaran Covid-19 secara cepat. Kita juga harus menggerakkan masyarakat untuk menggerakkan perekonomian," kata Walikota Pekanbaru Firdaus usai meninjau proses vaksinasi massal di Gedung Pertemuan Sopo Godang Gereja HKBP, Selasa (25/5).

Perekonomian akan tumbuh bila kabupaten dan kota dalam kondisi baik.  Karena, fondasi utama perekonomian ada di kabupaten dan kota.

Kalau pasien Covid-19 tinggi, maka perekonomian akan turun. Kalau pasien Covid-19 rendah, perekonomian bergerak naik. Basis penekanan penyebaran Covid-19 adalah di lingkungan Rukun Warga (RW) dan kelurahan.

"Saya sudah mengirimkan buku saku bagi Babinsa dan Bhabinkamtibmas terkait menekan penyebaran Covid-19. Saya juga akan meminta data  satu kelurahan itu ada berapa RW," ujar Walikota.

Dengan per RW dan kelurahan, maka jumlah lansia dapat diketahui. Karena, korban meninggal akibat Covid-19 banyak dari golongan para lansia. Tapi, lansia yang divaksin malah masih rendah.