Miris! Anak-Anak Riau Tak Punya Semangat Juang Bekerja di Perusahaan Besar

Senin, 26 April 2021 - 17:00:00 WIB

SUARA PEKANBARU - Anak-anak Riau sebenarnya punya peluang bekerja di perusahaan-perusahaan besar di tanah kelahirannya. Sayangnya, semangat bekerja yang rendah membuat mereka harus tersingkir.

Wali Kota Pekanbaru Firdaus, Minggu (25/4/2021), mengatakan, ia membahas peluang bekerja anak-anak Provinsi Riau bersama para ketua asosiasi dalam Forum Group Discussion (FGD) Kajian Kelayakan Pendirian Politeknik Negeri Pekanbaru pada 22 April lalu. Dalam diskusi itu terungkap bahwa anak-anak Riau yang diterima di perusahaan-perusahaan terserap kurang dari 20 persen. Banyak kendala yang dialami anak-anak Riau, mulai dari keahlian hingga semangat juang dalam bekerja.

"Ini yang menjadikan mereka tak kuat bersaing. Saat melamar sulit diterima. Diterima pun bekerja, sulit menyesuaikan diri dengan budaya kerja dan kondisi," ungkapnya.

Sehingga, anak-anak Riau keluar dari perusahaan itu setelah diterima bekerja. Kondisi ini agak miris.

"Pihak perusahaan mengatakan bahwa mereka lebih banyak mengambil tenaga dari perusahan lain. Mereka mengambil yang sudah terampil saja dari perusahaan lain," sebut Firdaus.