TPA Muara Fajar Pekanbaru Akan Diperluas

Senin, 21 September 2020 - 12:43:42 WIB

SUARA PEKANBARU - Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di Kelurahan Muara Fajar, Kecamatan Rumbai, direncanakan akan dilakukan perluasan. Pasalnya kapasitas daya tampung TPA Muara Fajar itu kini sudah hampir penuh. 

Wali Kota ( Wako) Pekanbaru Dr. H. Firdaus, ST. MT menyebut, saat ini pihaknya telah membuat perencanaan untuk perluasan TPA tersebut. Wako menyebut, akan ada pembebasan lahan seluas 5 hektare yang berada tidak jauh dari TPA 2 Muara Fajar. 

"Ada 5 hektare, itu kita rencakan untuk penambahan. Maka kita harus beli lagi yang disamping sana," ujarnya, Jumat (18/9/2020). 

Nantinya, lahan tersebut akan disediakan oleh Pemko Pekanbaru, sementara untuk kontruksi dikatakan Firdaus langsung dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR). 

Ia mengungkapkan, melihat kondisi di TPA Muara Fajar saat ini, lokasi itu diperkirakan hanya mampu menampung sampah hingga 12 bulan kedepan. Dan jika sistem pengelolaan nya baik maka paling lama mampu bertahan hingga dua tahun kedepan. 

"Maka kita harus merencanakan untuk perluasan mulai saat ini. Kalau kondisi sekarang tidak lama lagi sudah penuh, karena sekarang  tinggal bagian pinggirnya," tambahnya.