Masyarakat Terlindungi dan Ekonomi Tumbuh jadi Misi di Tengah Pandemi

Selasa, 11 Agustus 2020 - 09:47:00 WIB

sumber;internet

SUARA PEKANBARU - Walikota Pekanbaru DR H Firdaus ST MT menyatakan, masyarakat terlindungi dan ekonomi tumbuh menjadi dua misi utama pemerintah di tengah pandemi Coronavirus Disease 2019 atau Covid-19.

Untuk melindungi masyarakat dan menumbuhkan ekonomi ini, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru menerbitkan berbagai peraturan dan himbauan salah satunya Peraturan Walikota (Perwako) Nomor Nomor 130 Tahun 2020 tentang Perilaku Hidup Baru (PHB).

"Perwako 130 ini adalah perubahan dari perwako sebelumnya yang mulai menerapkan sanksi administratif berupa dua formula. Pertama sanksi dengan nominal, dengan uang, yang kedua bisa diganti dengan bakti sosial," ucap walikota, usai memimpin apel Gelar Pasukan Penerapan Peraturan Walikota Nomor 130 Tahun 2020 tentang Perilaku Hidup Baru dan Masyarakat Produktif dan Aman Covid 19, di halaman MPP Jalan Jenderal Sudirman, Senin (10/8/2020) pag.

Melalui penerapan Perwako 130/2020, terang walikota, pemerintah berharap bisa memotivasi masyarakat agar lebih disiplin mematuhi protokol kesehatan sebagai upaya dalam memutus mata rantai penyebaran wabah Covid-19.

"Karena sampai saat ini, belum ada obat untuk menyembuhkan covid ini.
Maka untuk melindungi masyarakat dan memutus mata ratai, cara yang paling efektif dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan," tegas walikota.

Kemudian untuk menumbuhkan ekonomi yang turut terdampak pandemi Covid-19, pemerintah berupaya bagaimana menggerakkan agar masyarakat bisa lebih produktif.

"Karena kita tahu krisis kesehatan yang melanda negeri ini telah berdampak terhadap krisis ekonomi. Pertumbuhan ekonomi yang tadinya masih positif di triwulan pertama tahun 2020, tapi di triwulan dua minus, sudah di bawah nol, yaitu minus 5," ungkap walikota.

"Berkaitan dengan kondisi tersebut, pemerintah mengambil kebijakan harus mampu menggerakkan masyarakat kita menjadi masyarakat yang produktif dan juga dipastikan mereka aman dari covid," ulasnya.

Agar dua misi tersebut tercapai, walikota meminta agar Gugus Tugas Covi-19 lebih meningkatkan sosialisasi di tengah-tengah masyarakat.

"Jadi dua misi ini, masyarakat terlindungi dan ekonomi tumbuh di masa adaptasi kebiasaan hidup baru, ini harus disosialisasikan lebih inten lagi. Tujuannya untuk mengajak masyarakat kita bersama-sama melindungi diri, keluarga dan masyarakat dari sebaran wabah covid," tutup walikota.*