Gugus Tugas Bakal Gelar Swab Massal di Pasar

Jumat, 26 Juni 2020 - 13:40:00 WIB

uru Bicara Bidang Kesehatan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Pekanbaru dr Mulyadi

SUARA PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Coronavirus Disease 2019 atau Covid-19, bakal menggelar tes swab secara massal di pasar dalam kota.

Juru Bicara Bidang Kesehatan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Pekanbaru dr Mulyadi menyebut, swab massal bekerjasama dengan Gugus Tugas Covid-19 Riau merupakan salah satu upaya untuk memutus sebaran corona gelombang kedua.

"Program kami adalah menemukan kasus sebanyak-banyaknya. Untuk itu, kami juga akan melakukan swab massal di pasar. Swab massal ini akan dibantu Pemprov Riau," ucapnya, Kamis (25/6).

Menurut Mulyadi, sebaran corona pada pandemi gelombang kedua diperkirakan lebih besar daripada gelombang pertama yang berakhir di pertengahan Mei lalu.

"Bisa dikatakan gelombang kali ini lebih besar. Kasus seminggu ini hampir menyamai kasus beberapa bulan mulai dari pra PSBB dan tiga kali masa PSBB," ungkapnya.

Untuk itu, ia mengimbau warga di Kota Bertuah agar tidak lengah. Warga mesti disiplin mematuhi protokol kesehatan pengangan Covid-19 yang telah ditetapkan pemerintah seperti menggunakan masker, menjaga jarak fisik, rajin mencuci tangan, menghindari pusat keramaian, mengurangi aktivitas di luar rumah.

"Bila keluar rumah, pastikan hanya untuk urusan yang sangat penting dan tetap gunakan masker," pesannya.*