Koperasi Ksu Rejosari Melawan Covid 19, pembayaran angsuran pinjaman hanya setengah

Senin, 18 Mei 2020 - 11:00:00 WIB

PEKANBARU - Koperasi Serba Usaha (KSU) Rejosari Pekanbaru memberikan keringanan angsuran pinjaman bulanan hanya setengah kepada anggota dan memberikan ratusan paket Sembako kepada kepala keluarga yang kurang mampu.

Hal ini merupakan langkah konkrit pengurus dalam mengantisipasi dan melawan wabah Virus Corona atau Covid-19 yang telah melumpuhkan sektor ekonomi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) bagi anggota KSU Rejosari yang saat ini tengah berjuang ditengah-tengah pandemi.

Apalagi Pemerintah Kota Pekanbaru telah menetapkan Pembatasan Sosial Bersekala Besar ( PSBB ).

Menyikapi permasalahan lesunya geliat ekonomi, Ketua KSU Rejosari Hj Elwi berserta pengurus memberikan keringanan angsuran pinjaman bagi anggota koperasi hanya membayar angsuran 50 persen dari angsuran biasanya.

“Ini bertujuan untuk memberikan keringanan kepada seluruh anggota koperasi yang bergerak di sektor UMKM dan juga mendukung program pemerintah yang telah diterapkan Presiden Indonesia Joko Widodo untuk meringankan beban masyarakat,” kata Elwi.

Selain memberikan keringanan angsuran, Koperasi KSU Rejosari juga menyalurkan bantuan sosial kepada anggota dan masyarakat berupa paket sembako beras 10 Kg untuk 310 kepala keluarga yang sangat membutuhkan.

“Total terdapat 3,1 ton beras yang disalurkan, namun dari seluruh anggota ini tidak semua terkena dampaknya, bagi ibu-ibu yang tidak terkena dampaknya maka saya langsung berhubungan dengan beliau sehingga hak beliau disalurkan kepada masyarakat yang terkena dampaknya,” ujar Elwi.

Dijelaskannya, bantuan tersebut disalurkan kepada warga yang tinggal di wilayah kerja KSU Rejosari, Kelurahan Bambu Kuning.

“Terdapat di RW 11 , per RT kita kasi 10 kupon, jadi ada 50 kupon untuk RT , mereka yang dipilih adalah warga yang terdampak tapi tidak, atau belum mendapat bantuan dari pihak lain atau pemerintah, jadi itulah yang dipilih,” kata Elwi lagi.

Sementara itu, Camat Tenayan Raya Indah Widia Astuti menyambut baik atas kegiatan pemberian paket Sembako yang diselenggaran oleh Koperasi KSU Rejosari . 

Dirinya berharap hal yang sama dapat dilakukan perusahaan-perusahaan yang berada di Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru untuk bisa berpartisipasi dan membantu warga disekitar perusahaan dalam menyikapi Covid-19 .

“Apapun acaranya kalau itu pemberian bantuan maka saya akan hadir, karena memang pemerintah sangat terbantu dengan kegiatan ini. Memberi disaat lapang itu sangat biasa tapi disaat sempit lalu kita memberi itu luar biasa,” kata Indah.

Ketua Karang Taruna kelurahan Rejosari Kecamatan Tenayan Raya kota Pekanbaru, Widde Munadir Rosa Memberikan apresiasai kepada Koperasi KSU Rejosari yang telah memberikan bantuan Sembako kepada masyarakat,

“Mari sama-sama kita berdoa, agar wabah ini segera berakhir. Ikuti anjuran pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran virus berbahaya ini,” ajak Widde.*